Istri Rasulullah yang paling taqwa



Dialah Maimunah binti al-Harits bin Huzn bin al-Hazm bin Amir bin sha'sha'ah al-Hilayah. Saudari dari Ummul Fadhl istri Abbas. Ia adalah bibi dari Khalid bin Walid dan juga bibi dari Ibnu Abas.
Dia belajar Islam dari saudaranya Ummul Fadhl. Tatkala tersiar berita kemenangan kaum muslimin
pada peristiwa perang Khaibar, kebetulan pada waktu itu Muaimunah berada didalam rumah saudara kandungnya yaitu Ummu Fadhl, dia turut senang dan sangat bergembira.
Dia juga mendengar figur utama umat islam, Nabi Muhammad SAW. Dialah pembawa risalah islam yang telah yang telah menyentuh hati maimunah. Ingin rasanya ia berbakti kepada Rosulullah sepanjang hidupnya. Tapi entah kapan itu akan terwujud.
Setelah mendengar banyak mengenai Islam dia pulang kerumah suaminya. Dia mendapatkan dalam keadaan sedih dan berduka cita karena kemenangan kaum Muslimin, bukan kaum kafir yg ia puja. Maka hal itu memicu pertengkaran diantara mereka yang mengakibatkan perceraian. Tak kuat menahan Amarah maimunah keluar dari rumah itu.
Dia bersegera menuju Ummu Fadhl dengan suaminya 'Abbas, untuk menjadi seorang muslimah. Tanpa ragu sedikitpun, Abbas bersegera menemui Nabi Muhammad SAW untuk menawarkan Maimunah menjadi istri Nabi. Dan Nabipun menerimanya dengan mahar 400 dirham.
Tidaklah Maimunah itu seorang perawan. Dia adalah janda. Sebelum menjadi Muslimah, dia adalah istri Mas'ud bin Amru ats-Tsaqafi. Dia adalah wanita yg menghibahkan dirinya kepada Nabi SAW. Setelah kejadian itu, turunlah firman Allah al-Ahzab ayat 50.


"Wahai nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu istri-istrimu yang telah kamu berikan maskawinnya dan hamba-sahaya yang kamu miliki yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu. Dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, saudara perempuan dari saudara laki-laki ibumu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yg turut hijrah bersama kamu dan perempuan Mukmin yg menyerahkan dirinya kepada Nabi, kalau Nabi mau mengawininya, sebagai pengkhususan bagimu, bukan untuk semua orang mukmin. Sesungguhnya Kami telah mengetahui apa yg Kami wajibkan kepada mereka tentang Istri-istri dan hamba-sahaya yang mereka miliki supaya tidak terjadi kesempitan bagimu. Dan adalah Allah Yg Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Dan menikahlah Rosulullah dengan Maimunah. Tidak dengan pesta layaknya seorang pemimpin besar, tapi hanya disaksikan umat Islam disana saja. Tanpa mengundang masyarakat jahiliah disekitarnya. Sebabnya umat Islam harus segera meninggalkan Mekah, karena mereka hanya berhak tinggal disana selama tiga hari. Sebagaimana tertulis dalam perjanjian Hudaibiyah.
Maka berjalanlah mereka menuju Madinah. Tatkala sampai di suatu tempat yg disebut Sarfan, sebuah tempat yg berjarak 10 mil dari Mekah, Nabi SAW memulai malam pertamanya bersama Maimunah radhiallahu 'anha. Hal itu terjadi pada bulan syawal tahun ke 7 Hijriyah.
Dahulu tempat itu dikenal dg sebutan Bazah, sebuah daerah yg sering dilewati jika seseorang yg bepergian dari Mekah ke Madinah. Setelah beberapa saat di tempat itu, bersama istrinya, Rosulullah kembali meneruskan perjalanan menuju rumahnya dikota Madinah.
Dikota itu Maimunah hidup, berbakti kepada Rosulullah sepanjang hidupnya. Sekitar 50 thn usianya. Semua ia jalani dengan kesetiaan kepada sang suami. Sebelum ajal datang ia berpesan kepada Rosulullah agar dikuburkan di Sarfan.
Setelah ia wafat, seorang sahabat keluar bersama Ibnu Abbas. Disaat itu Ibnu Abbas berkata, "Apabila kalian mengangkat jenazahnya, maka janganlah kalian menggoncang-goncang atau menggoyangnya. Lemah lembutlah kalian didalam memperlakukannya. Karena dia adal Ibumu".
Berkata Aisyah setelah wafatnya Maimunah:"Demi Allah! Telah pergi Maimunah. Demi Allah! Ia adalah yg paling Taqwa diantara kami dan yang paling banyak yg bersilaturahmi"./@bhu

selengkapnya...

Sekenario Menjajah Timur Tengah


syiar islam

Sejak awal, Israel berdiri bukan karena alasan Israel punya tanah Palestina, melainkan atas 'mandat' yg diberikan Inggris yang padawaktu itu menguasai Palestina. Namun, setelah Israel berdiri, negara yg paling gigih memberi dukungan habis-habisan atas eksistensi Israel adalah AS. Betapa tidak, selama ini . . .
AS-lah yang memperkuat bangunan israel. Dukunpan yg diberikan AS sudah tentu bukan cuma-cuma seperti yang lazim dikenal dalam ungkapan pergaulan dikalangan bisnis 'the re is no free LGD (lunch, golf, dinner). Tidak ada makan siang, gole dan makan malam gratis. Artinya, setiap apa yg diberikan dibaliknya selalu ada imbalan yg diharapkan atau diminta.
Begitupula halnya dalam hubungan AS-Israel, jauh sebelum israel berdiri, kalangan Yahudi kaya-raya. Dengan licik dan lihai merasuk kedalam senat dan gedung putih. Mereka menyatakan bersedia memberikan segala sumbangan tak tanggung-tanggung demi kejayaan AS. Mereka selalu mengusung setiap kandidat pemegang kekuasaan ditingkat Negara, baik diparlemen maupun di eksekutif, yang bersedia mengemban 'misi suci' itu. Namun, apa sesungguhnya misi suci itu? Tak lain dan tak bukan adalah kelangsungan kebijakan politik pro-Israel.
Itulah sebabnya tidak ada satupun knbijakan politik yang dijalankan AS dibelahan Dunia manapun, khususnya di timur-tengah, yg tidak terkait dg kepentingan Israel. Begitupula sebaliknya, tidak ada kepentingan Israel diTimur Tengah yang tak terkait dg kepentingan AS. Seluruh sepak terjang AS diTimur-Tengah, Baik dalam bidang diplomasi maupun peperangan selalu berpihak pada Israel. Setiap Resolusi PBB mengenai perdamaian Timur Tengah yang menguntungkan Israel selalu tampil atas prakarsa AS, jika resolusi itu datang dari Israel sendiri maka AS pun akan selalu mendukungnya.
Sebaliknya, setiap resolusi yg merugikan Israel yg berasal dari pihak manapun, AS selalu menolaknya. Begitupula dalam beberapa kali peristiwa perang antara Arab-Israel, seperti perang 1967 dan 1973, AS pun memberi dukungan militer seluas-luasnya dengan menerjunkan tentaranya dipihak Israel. Itulah yang membuat presiden Mesir, Anwar sadat, lebih memilih damai dengan Israel daripada bermusuhan karena padakenyataannya yang dihadapi adalah AS.

*Arah perkembangan*
kemana keadaan buruk Timur Tengah pasca perang Israel melawan Hizbullah ini akan dikembangkan? Gelagatnya dapat dibaca dengan gamblang. Bahwasanya penaklukan seluruh Timur Tengah tinggal 'selangkah'. Betapa tidak, sederet sasaran antara telah dicapai AS (juga Israel). Setelah Mesir memutuskan berdamai dan mengakui negara yahudi itu dibawah perjanjian Camp David, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, dan negara-negara jazirah lainnya sudah tak mampu berkutik dibawah ketiak AS. Mesir yg pada itu merupakan Negara Arab terkuat dalam menghadapi Israel.
Negara kuat lainnya yang dirasa paling membahayakan bagh kepentingan AS dan Israel adalah Irak dan Iran. Hingga Irak sebelum ditaklukan AS dalam perang keroyokan jilid.2 anatara pasukan penjajah pimpinan AS melawan Irak, Presiden Irak waktu itu Saddam Husain tak henti-hentinya menampilkan ancaman keras terhadap Israel. Bahkan dalam retrorikanya yg populer dia mengatakan bahwa Irak akan melumat Israel dengan rudal buatannya sendiri yang mampu menjangkau dan menghancurkan Israel. Dengan takluknya Irak di bawah AS, kini musuh berbahaya tinggal Iran. Pertanyaannya, apakah Iran juga akan bernasib seperti Irak?
Sekarang, posisi Iran kian terjepit dan terkepung dari berbagai penjuru. Dari arah timur, AS mengepung Iran dari arah Afganistan dan Pakistan. Dari barat, AS menumbangkan Rezim berkuasa Irak dibawah Presiden Saddam Husain, menyusul penaklukan Kuwait, Qatar, Yaman, Oman, Bahrain, dan sebagainya. Bahkan AS sudah menempatkan salah satu gugus pangkalan militernya di Teluk Parsi.
Mengingat keadaan politik negeri Irak masih labil dan posisi militer AS belum begitu kuat di Irak, maka agar kepungan dari barat tak terganggu, AS memandang perlu lebih dahulu menaklukan Libanon, Suriah, dan Yordania. Dengan demikian, akan menjadi sempurna dan semakin kuat dalam mengepung Iran. dari strategi ini di harapkan semua tujuan dapat tercapai, khususnya utk mengobarkan baru, yaitu perang Iran, sebuah target kepentingan "Akhir" di timur tengah.
Dan sekarang Obama tengah gencar gencarnya menaklukan Afganistan. Meski mungkin bagi sebagian kalangan Obama ini lebih 'ramah, namun siapa yg mau peduli. Benar, ia menepati janji kampanyenya utk menarik pasukan dari Irak tapi mengintensifkan serangan ke Afganistan. Jadi, kata yg lebih tepat bukan penarikan pasukan, tapi pemindahan pasukan dari Irak ke Afganistan. Dan ini merupakan peta jalur di dalam mengofenshipkan serangan ke Iran kelak.
Masalahnya, akankah 'nasionalisme yg akan mendasari perang Iran seperti yg terjadi di Irak.
Seandainya itu yg terjadi, kapal ini akan karam tanpa adanya badai. Sungguh kekonyolan untuk kesekian kalinya. Hanya perjuangan 'dinnullah-lah yg dapat menyelamatkan mereka.
Kita sama-sama menunggu, apa yg bakal terjadi thp negara-negara di Timur Tengah yg notabena wilayah tempat lahirnya para 'Aulia di bumi ini./@bhu

selengkapnya...

Luth dan kota yang dijungkirbalikan



syiar islam

Ketika kelakuan jahat warga kota memuncak, Allah menyelamtatkan Luth dg perantara Malaikat.

"kaum Luth pun telah mendustakan ancaman2 (Nabinya), Sesungguhnya kami telah menghembuskan kpd mereka angin yg membawa batu batu (yg menimpa mereka), kecuali keluarga Luth. Mereka kami selamtkan di waktu sebelum fajar menyingsing, sebagai nikmat dari kami. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang2 yg bersyukur. Dan sesungguhnya dia (Luth) telah memperingatkan mereka akan azab-azab kami. Maka mereka mendustakan ancaman-ancaman itu."
(Qs Al Qamar: 33-36).


Luth hidup semasa dengan Ibrahim. Luth diutus sbg Rosul atas salah satu kaum tetangga Ibrahim. Kaum ini, sebagaimana diutarakan dalam Alquran, mempraktekan prilaku yg menyimpang yg belum dikenal dunia saat itu. Yaitu 'sodomi. Ketika Luth menyeru mereka utk menghentikan penyimpangnya itu trsbt dan menyampaikan peringatan Allah, mrk mengabaikannya, mengingkari kenabiannya, dan meneruskan penyimpangan mrk. Pd akhirnya kaum ini dimusnahkan dg bencana yg mengerikan. Alquran menceritakan bagaimana Luth memperingatkan kaumnya dan apa jawaban mrk:

"kaum Luth telah mendustakan rasulnya, ketika saudara mrk Luth, berkata kpd mereka, "Mengapa kamu tidak bertaqwa?" sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yg diutus) kepadamu, maka bertawakalah kpd Allah dan taatlah kepadaku. Dan aku tidak sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam. Mengapa kamu mendatangi jenis lelaki diantara manusia, dan kamu tinggalkan istri-istri yg dijadikan Tuhanmu untkmu, bahkan kamu adalah orang-orang yg melampaui batas. Mereka menjawab "Hai Luth, sesungguhnya jika kamu tidak berhenti, benar-benar kamu termasuk orang yang diusir". Luth berkata "sesungguhnya aku sangat benci kepada perbuatanmu". (Qs Asy-Syu'araaa': 160-168)

Sebagai jawaban ejekan ke jalan yg benar, kaum Luth justru mengancamnya. Kaumnya membenci Luth karena ia menunjuki kejalan yg benar, dan bermaksud menyingkirkannya dan orang-orang yg beriman bersamanya. Luth menyeru kaumnya kepada sebuah kebenaran yg begitu nyata dan memperingatkan mrk dengan jelas, namun kaumnya sama sekali tidak mengindakhan peringatan itu.
Luth memohon perlindungan kepada Allah. Atas doa Luth tsbt, Allah mengirimkan dua malaikat dalam wujud manusia. Kedua malaikat itu mengunjungh Ibrahin sebelum mendatangi Luth. Di samping membawa kabar gembira kpd Ibrahim bhw istrinya akan melahirkan seorang jabang bayi, kedua utusan itu menjelaskan alasan pengiriman mrk: kaum Luth yg angkara akan di hancurkan. (lihat Qs Adz-Dzaari-yaat: 31-34, Al Hijr: 59-60, Hud: 77, Al Hijr: 62-66).
Ketika kelakuan jahat warga kota memuncak, Allah menyelamatkan Luth dengan perantara malaikat. Pagi harinya, kaum Luth dihancur-leburkan dgn bencana yg sebelumnya telah ia sampaikan.
Ayat yg menerangkan penghancuran kaum ini adalah sbg brkt:

"Maka mereka dibinasakan dg suara keras yg mengguntur, ketika matahari akan terbit. Maka kami jadikan bahagian atas kota itu terbalik kebawah dan Kami hujani mereka dengan batu belerang yg keras. Sesungguhnya pada yg demikian terdapat Tanda-tanda (kebesaran Kami) bagi orang-orang yg memahami tanda-tanda. Dan sesungguhnya kota itu benar-benar terletak dijalan yg masih tetap (dilalui manusia)." (Qr Al Hijr:73-76).
"Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negri Luth itu yg atas ke bawah (kami balikan), dan Kami hujani mereka dengan (batu belerang) tanah yg terbakar bertubi-tubi, yg diberi tanda oleh Tuhanmu, Dan siksaan itu tidaklah jauh dari org2 yg zalim." (Qs. Huud: 82-83).
Kemudian Kami binasakan yg lain, dan Kami hujani mrk dg hujan (batu belerang), maka amat kejamlah hujan yg menimpa orang-orang yg telah diberi peringatan itu. Sesungguhnya pada yg demikian itu benar-benar terdapat bukti-bukti yg nyata. Dan adalah kebanyakan mrk tidak beriman. Dan sesungguhnya Tuhanmu, benar-benar dialah yg Mahaperkasa lagi Maha Penyayang."
(Qs. Asy-Syu'araa': 172-175).
Ketika kaum trsbt dihancurkan, hanya Luth dan pengikutnya yg tdk lebih dari "sebuah keluarga", yg diselamatkan. Istri Luth sendiri juga tidak percaya, dan ia juga dihancurkan.


"Dan (Kami jg yg telah mengutus) Luth (kpd kaumnya). (ingatlah) tatkala dia berkata kpd mrk: "Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah itu, yg belum dikerjakan oleh seorang pum (didunia ini) sebelumnya?". Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki utk melepaskan nafsumu (kepada mrk), bukan kepada wanita, malah kamu ini adalah kaum yg melampaui batas. Jawab kaumnya tidak lain hanya mengatakan: "Usirlah mrk (Luth dan pengikut-pengikutnya) dari kotamu ini, sesungguhnya mereka adalai orang yg berpura-pura menyucikan diri". Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali istrinya; dia termasuk orang-orang yg tertinggal (dibinasakan). Dan kami turunkan kpd mrk hujan (batu belerang), maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yg memperturutkan dirinya dg dosa dan kejahatan itu." (Qs. Al A'raaf: 80-84).

Demikianlah, Nabi Luth diselamatkan bersama pengikut dan keluargannya kecuali istrinya. Sebagaimana disebutkan dalam perjanjian lama, Luth berimigrasi bersama Ibrahim. Akan halnya dg kaum yg sesat itu, mereka di hancurkan dan tempat tinggal mrk diratakan dengan tanah./@cwi

selengkapnya...

Kemenangan Dakwah dan Jihad


oleh. DR.M.Mu'inudinillah Basri, MA
(pimp.Ponpes Tahfizul Quran Ibnu Abbas, Klaten


"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yg nyata, supaya Allah memberh ampunan kepadamu thp dosamu yg telah lalu dan yg akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yg lurus. Dan supaya Allah menolongmu dg pertolongan yg kuat (banyak). "(QS al Fath: 1-3).


Ayat diatas mpk Konsep Allah dalam memahami kemenangan dakwah dan jihad, sekaligus dapat dijadikakan dasar koreksi kesalahan fatal thp aplikasi jihad.

Ada kesalahan fatal di sebagian kalangan kaum muslimin, ketika membatasi jihad pada jihad senjata saja, dan melihat peledakan bom di negeri aman seperti indonesia sebagai pilihan utama dalam jihad. Walaupun hasilnya hanya membuat ketakutan sebagian manusia kafir, tetapi disamping itu, jatuh korban dari kaum Muslimin dan orang yg tidak berdosa.
Jihad dalam islam adalah optimalisasi pengerahan potensi untuk membela islam dalam kondisi aman, merealisasikan tegaknya tujuan islam, yaitu menjaga ad-din, harta jiwa, keturunan, akal, maupun kehormatan. Kapan tujuan diatas tercapai maka usaha merealisasikannya di sebut sebagai 'Jihad fi sabilillah, yaitu utk meninggikan kalimat Allah, dan kemenangan yg nyata.
Kalau kondisi menuntut penggunaan senjata dan jihad fisik yaitu ketika daulah Islam mengirimkan tentara untuk menghilangkan penghalang dakwah atau membela kaum muslimin yg diserang orang kafir, aksi jihad itu mpk 'afdhalul jihad. Tapi jika kondisi tidak memerlukan kontak senjata, maka senjata tidak boleh dipakai, hal itu didasarkan atas banyak dalil qath'i, berikut:
pertama, Dalam perjanjian Hudaibiyah, Rorululloh dan para sahabat sebelumnya siap bertempurg. Bahkan telah berbaiat siap mati membela Utsman bin Affan Karena diduga dibunuh oleh orang Quraisy, tapi ternyata ia tidak terbunuh. Dan Allah memerintahkan Rosulullah untuk melakukan perjanjian damai, yg kemudian dikenal dg perjanjian Hudaibiyah. Perjanjian itu disebut sbg p 'fath, kemenangan. Dari perjanjian itu tercipta iklim ya sangan kondusif menjadikan kaum kafir bisa berinteraksi dg kau Muslimin dan melihat Islam secara dekat. Sehingga tercata bahwa yg masuk islam dalam masa perjanjian itu jumlahnya berlipat ganda dibandingkan sebelumnya. Subhanallah, inilah kemenangan yg hakiki, bukan haus ingin membunuh dan dendam. Atau membikin kerusakan tapi haus untuk mengantarkan manusia ke dalam haribaan Islam.
Kedua, Rosulullah dalam 'futhul Mekkah siap perang besar-besaran dan dalam kondisi diatas angin. Tapi karena di Mekkah byk orang beriman laki-laki maupun perempuan yg menyembunyikan Imannya, dan kalau beliau menyerang serangan terbuka, bisa jatuh korban dari kalangan kaum Muslimin dn membikin image buruh thp islam, maka Allah mencegah untuk dilakukan serangan,
"Dan Dia-lah yg menahan dari (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan kamu dari (membinasakan) mereka di tengah kota Mekkah sesudah Allah memenangkan kamu atar mereka, dan adalah Allah maha melihat apa yg kamu kerjakan..." (QS al Fath: 24-25).
Allah menahan kedua belah pihak dari perang, utk memberikan kesempatan orang-orang kafir masuk Islam dg adanya suasana damai trsbt. Dan di antara yg masuk islam dan punya andil besar dalam Islam adalah Ikrimah bin Abi Jahl.
Ketiga, Allah tidak menjadikan perang besar di Ahzab sebagai kenikmatan besar bagi kaum Muslimin, karena sesungguhnya, perang besar adalah perang melawan hawa nafsu sendiri.
Keempat, Imam Ghazali mengatakan jika ada sebagian kaum Muslimin di jadikan tameng oleh orang Kafir dan mrk menyerang Kaum Muslimin, apakah kaum Muslimin boleh menyerang mrk walaupun serangan akan mengenai para tawanan? Dalam hal ini boleh menyerang dg tiga syarat: 1. Dzorurah, artinya benar-benar kita akan mati kalau tidak menyerang, 2. Qhat'iyyah, ada kepastia bhw org kafir pst menyerang dan meghabisi kita kalau tidak menyerang, 3. Kulliyyah, korban dari kakum Muslimin bersifat menyeluruh.
Kelima, jiwa manusia yang tak bersalah maksum muslim atau Dzimmi, sebagai mana sabda Nabi, "Sesungguhnya darah kalian, harta kalian haram, seperti haramnya negeri (Mekkah ini) haramnya (bulan ini). Dan keharaman ini tidak bisa dihalalkan kecuali dg sebab yg qhat'i pula."
dari paparan diatas, kita katakan bahwa aksi jihad dg bom yg berakibat tidak baiknya image Islam, teror thp kaum Muslimin, intimidasi, serta hasil yg tidak jelas dari kerugian kaum Kuffar, serta relita bhw semua dibawah perangkap proyek bisnis musuh islam dg kedok perang thp teroris.
Jihad untuk menyiapkan rakyat dan para birokrat menerima syariat islam, dan ini jalan terbuka lebar, apalagi para pakar hukum telah mengatakan bhw islamisasi hukum Indonesia dilindungi oleh konstitusi. Apakah kita mau menjaga iklim yg kondusif untuk dakwah ini, atau kita senang masuk perangkap sekenario musuh, yg menyebabkan manusia tidak melihat keindahan islam./@bhu

selengkapnya...

Bakti Abu Hanifah Pada Ibunya


syiar islam

Ketika bertemu dengan sang ibu, Abu Hanifah ditanya mengenai hukum sumpah. Entah ibunya pernah bersumpah apa, yang jelas dia menyatakan, jika tidak mampu melakukannya, harus diganti dengan apa?

Sebagai Seorang mufti, tentu Abu Hanifah tau. Dan dijelaskanlah masalah itu kepada Ibunya. Tapi si Ibu merasa belum puas. Ingin penjelasan dari Ustadz.
Dengan senang hati, Abu Hanifah mengantarkan Ibunya ke rumah Ustdaz. Sesampainya di sana, dia adukan permasalahan persis sepertit yg dia lakukan kepada anaknya. Bukannya menjawab, justru dia bertanya kembali, "Apa pantas saya memberikan fatwa, sementara Anakmu fikiqih Kufah ada disini bersamamu?"
Demikian sikap Abu Hanifah. Ketika ketinggian ilmunya dibarengi dengan mengingat Allah. Tentu tak sedikitpun terbersit dibenaknya untuk menyengsarakan orang yang pernah melahirkan dan mengasuhnya. Tak heran dia berkata "Demi Allah, bukan pukulan atau cambukan yang menyakitiku, namun cucuran airmata bundaku yang membuat hatiku terluka."
berbeda dengan Anak sekarang. Jika sudah berakhir maka nasib sang Ibu berakhir dipanti jompo biar tidak meropotkan. Padahal ketika melahirkan, betapa sang Anak merepotkan sang Ibu, hingga nyaris mengorbankan nyawanya.
Apa arti dari sebuah fenomena dewasa ini. Bukan karena Abu Hanifah yg ahli fikih Kupah, yang sudah barangtentu tau akan kebenaran Azab-azab illahi, namun lebih daripada itu, seorang anak mesti menyadari sesadar-sadarnya bahwasanya karena kasih sayang Ibulah ia dapat merangkak. Karna belaian lembut sang Ibu pula ia dapat berjalan di muka Bumi ini. Bukan karena siapa, ketulusun ibunyalah yg menuntunya ke dalam kehidupan yg hakiki pula kelak.
Kunci Surga ada dibawah telapak kakinya, begitupun Ridho-Nya karena ridho ibumu pula. Tak ada alasan lain yg dapat membawamu dalam kedurhakaan dari Ibumu. Meskipun pada Akhirnya, ada sebagian Ibu yg tidak mendapat Rahmat Allah SWT, tp lantas bukannya sah jadi alasan untukmu meninggalkan beliau. Adalah tugasmu untuk mendoakannya supaya mendapatkan hidayat dan karunia-Nya. "Ya Allah kasihanilah kedua Orang Tua hamba, sebagaimana mereka menyayangi hamba sebagai anaknya."
karena sesungguhnya tak ada seorang Ibupun yg tidak menyayangi anaknya.
Abu Hanifah adalah seorang ahli fikih kufah yg tidak diragukan lg pengetahuan dan wawasanya. Hendaknyalah kita sebagai orang awam mari, teladani kisah di atas. Sepayah-payahnya orang tua, tetap mesti kita jaga kehormatannya. Karena kelak di akherat, setiap orang akan menjadi saksi dengan kedzaliman kita, termasuk Orang tua kita./@bhu

selengkapnya...

Abdullah bin Mas'ud 'Sang Pelayan Rosul



Masyarakat disekitarnya memanggilnya Ibn Umm Abd atau putra dari budak wanita...
Namanya sendiri adalah Abdullah dan nama Ayahnya adalah Mas'ud. Dia adalah sahabat Rosulullah SAW yg ketika kecil mpk pengembala kambing milik salah satu ketua adat Bani Quraisy bernama Uqbah bin Muayt.
Suatu hari, ia mendengar kabar tentang kenabian Rosulullah. Namun, Abdullah tidak tertarik dan tidak ingin tau mengingat usianya yg masih kecil. Selain itu, ia memang jauh dari komunitas masyarakat Makkah, karena pekerjaannya sbg pengembala kambing, yg terbiasa berangkat pagi dan pulang petang hari.
Suatu hari, ketika ia tengah menjaga ternaknya, ia melihat dua orang pria paruh baya bergerak mendekatinya dari kejauhan. Mereka terlihat lelah, dan sangat kehausan. Mereka kemudian berjalan kearahnya, memberikan salam dan memintanya memerah susu kambing yg ia gembalakan sehingga mereka dapat minum.
Namun, Abdullah ia berkata ia tidak bisa memberikannya kepada mrk."kambing-kambing ini bukan milikku, saya hanya memeliharanya," ujarnya jujur.
Mendapat jawaban spt itu, kedua pria ini tidak memberikan bantahan. Meskipun mrk sangat kehausan, namun mrk sangat senang dg jawaban jujur dari sang bocah pengembala ini. Kegembiraan ini terlihat jelas dari wajah mrk. Di lubuk hati Abdullah, ia juga mengagumi tamunya.
Kedua tamu itu ternyata Rosulullah SAW dan sahabatnya, Abu Bakar Shiddiq. Hari itu, keduanya melarikan diri kepegunungan Makkah untuk menghindari perlakuan kejam dari kaum Quraisy. Melihat sikap tamunya, pria muda itu terkesan dg sikap Rosulullah dan sahabatnya, dan segera menjadi cukup dekat dengan keduanya.
Tak lama setelah peristiwa itu, Abdullah menyatakan diri sbg Muslim. Bahkan, ia menawarkan dirinya sbg pelayan Rosulullah.
Abdullah bin Mas'ud menerima pelatihan kerumah tanggaan yg istimewa dari Rosul, karenanya ia meniru semua kebiasaan dan mengikuti setiap apa yg dikerjakan Rosulullah. Tak heran kalau ia disebut sbg org yg paling mendekati Rosulullah dari sisi karakternya.
Di kemudian hari, ia mpk salah satu penghapal Alquran yg terbaik diantara para sahabat dan ia sangat memahami isi kandungan Alquran dibanding siapapun. Ia pula yg paling memahami syariah islam dan tidak ada satupun yg bisa menggambarkannya dg lebih baik lg kecuali Abdullah bin Mas'ud.

Khalifah Umar bin Khattab mempunyai kisah tentang sosok Abdullah bin Mas'ud. Suatu malam, kata umar, Rosulullah sedang berbincang-bincang bersama Abu Bakar Shiddiq tentang situasi umat islam. Sesudah Rosulullah pergi, para sahabat itu pergi bersamanya dan melewati Mesjid. Di dalamnya ada pria yg tidak mrk kenali. Rosulullah lalu berjalan mendekatinya dan mendengarkannya. Rosulullah berbalik lalu berkata, "Barangsiapa yg ingin membaca Alquran seperti yg baru saja diperdengarkan, maka suruhlah ia pergi dan belajar kepada Ibn Umm Abd."
Abdullah bin Mas'ud telah mencapai pemahaman yg sangat luar biasa akan Alquran. Ia pernah berkata, "Demi Allah yg tiada tuhan disamping-Nya, tak ada satu ayatpun dalam Alquran yg tidak saya ketahui. Demi Allah, jika ada orang yg pemahamannya tentang Alquran lebih baik dari saya, maka saya akan belajar dengan sungguh-sungguh padanya." Abdullah tidak melebih2kan apa yg ia bilang tentang dirinya.
Abdullah bin Mas'ud bukan hanya mengerti ttg Alquran, ia jg orang yg sangat taat dan bersungguh-sungguh dalam beribadat. Namun ia jg mpk orang yg sangat kuat dan tangguh.
Suatu hari para sahabat berada di Mekkah dan jumlah mrk masih sgt sedikit, lemah, dan tertindas. Para sahabat berkata bahwa orang Quraisy belum mendengar Alquran dibacakan secara terbuka dg suara dikeraskan pula. Abdullah bin Mas'ud dg suka cita menyatakan dirinya yg akan melakukannya.
Ketika para sahabat meragukannya, Abdullah menyebut bahwa Allahlah yg akan melindunginya. Ia lalu pergi ke mesjid mendekati makam Ibrahim yg letaknya hanya beberapa meter dari Ka'bah. Saat itu orang-orang Quraisy tengah duduk mengelilingi Ka'bah. Abdullah lalu berhenti dan mulai membaca Alquran.
Mendengar ayat-ayat Alquran dilantunkan dg keras, orang Quraisy menjadi sangat marah. Mereka mulai memukuli dan menyiksanya. Namun, Abdullah terus membacakan Alquran. Ketika ia kembali kpd para sahabat, wajahnya sudah dipenuhi darah. Ketika para sahabat mengkhawatirkannya, ia menyatakan bahwa ia siap melakukan hal yg sama keesokan harinya.
Abdullah bin Mas'ud hidup hingga zaman pemerintah Khalifah Usman bin Affan. Suatu hari ketika ia jatuh sakit dan terkulai lemah diatas tempat tidur, Usman datang dan bertanya kepadanya soal penyakitnya. Abdulah menjawab ia sakit karena berdosa dan ia berharap Allah akan mengampuninya.
Utsman lalu menawarkan kpd dirinya gaji yg selama ini ditolaknya. Saat itupun Abdullah tetap menolak meskipun Utsman menyatakan bahwa uang itu buat anak-anaknya, Abdullah tetap bersikeras menolaknya.
"Apakah engkau mengkhawatirkan kemiskinan yg akan terjadai pada anak-anakku? Aku telah menyuruh mrk membaca surat Al-Waqi'ah setiap malam, seperti yg dikatakan Rosulullah bhw siapa pun yg membaca surat Al Waqi'ah setiap malam, maka ia tidak akan miskin sampai kapanpun."
Malam itu, Abdullah bin Mas'ud meninggal dunia. Ia selalu dikenang sebagai sosok yg senantiasa mengingat Allah dan selalu melantunkan ayat-ayat-Nya./@cwi

selengkapnya...

Menikahlah wahai pemuda

Menikah adalah dambaan tiap orang. Terlebih mrk yg tengah dilanda mabuk cinta. Sehingga Nabi SAW pun bersabda, "Tidak ada obat yg paling mujarab bagi orang yg tengah dimabuk asmara selain menikah."(HR Ibnu Majah).
Sayangnya, tidak semua orang sanggup melangsungkan momen yg sangat didambakan trsbt. Banyak faktor yg menghalanginya. Ada yg terbentur masalah biaya, belum adanya calon, hambatan dari orang tua, dan sebagainya.


Padahal gejolak dalam diri sudah kuat. Bila demikian bagaimana jalan keluarnya? Nabi SAW memberi tuntunan, "menikahlah kalian, karena aku bangga dg banyaknya ummatku. Barangsiapa memiliki kemampuan utk menikah, maka menikahlah. Barangsiapa yg belum mampu, maka hendaklah berpuasa, karena puasa memiliki kemampuan meredam (nafsu)"(HR Ibnu majah).
Yg jadi masalah, andai puasa tetap tidak mampu meredam gejolak, maka tetap menikah satu-satunya jalan obat yg harus diberikan. Sebab menurut Ibnu Qayyim dalam bukunya Metode Pengobatan Nabi, puasa hanyalah pengobatan sementara (pengganti) bagi penyakit asmara. Pengobatan sebenarnya (yg asli dan permanen) adalah menikah.
Bila spt ini kejadiannya, sudah kewajiban orang tua, masyarakat, bahkan negara untuk mempermudah proses pernikahan sang jejaka dg gadis pujaannya (atau yg dipilikan orang tua). Andai dibirkan berlarut-larut, apalagi dg alasan yg tidak syar'i (misalnya karena masalah harta), maka akan terjadi fitnah dan bencana besar. Rosul pernah mengecam orang tua yg mempersulit anaknya utk menikah"jika datang kepada kalian (hai calon mertua) orang yang bagus agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia (dg putrimu). Sebab jika kalian tidak menikahkannya, akan lahir fitnah (bencana) dan akan berkembang kehancuran yg besar di muka bumi."(HR Tirmidzi).
Karena itu, ada satu prinsip yg selalu ditekankan Rosulullah, yaitu " permudah dan jangan dipersulit". Andai kita teliti Sirah Nabawiyyah dan kisah para sahabat, kita akan mendapati sikap mrk yg "tidak mempersulit diri" menjalankan sesuata yg Allah perintahkan. Ada kisah menarik yg menggambarkan betapa 'mudahnya Islam dan betapa tanggungjawabnya Rosul SAW kepada umat yg di pimpinnya, termasuk dalam hal pernikahan. Berikut petikannya:

Rabi'ah adalah salah seorang sahabat yg pernah menjadi pembantu Rosul SAW yg sangat baik dan perhatian kepadanya. Sampai suatu ketika beliau bertanya kepada Rabi'ah, "wahai Rabi'ah, maukah engkau menikah?" Rabi'ah menjawab "DemiAllah tidak yak Rosulullah. Aku belum mau menikah karena aku tidak memiliki harta yg bisa menghidupi istriku nanti."
mendengar jawaban itu, Rosul berpaling dan bertanya kembali, "maukah engkau menikah?" Rabi'ah pun menjawab dg jawabn yg sama, hingga Rosulullah berpaling darinya. Setelah itu muncul perasaan tidak enak dlm hati Rabi'ah. "Demi Allah Rosulullah tentu lebih tau tentang apa yg bermanfaat bagiku didunia dan akherat. Bila beliau bertanya lg tentang itu, aku pasti akan mengiyakan. Aku persilahkan belia menyuruhku sekehendaknya," gumannya.
Rosulpun kembali menemui Rabi'ah dan bertanya, "Rabi'ah, maukah engkau menikah?" Rabi'ah menjawab, "Benar wahai Rosulullah, perintahkanlah aku sekehendakmu." Beliaupun memerintahkan Rabi'ah pergi kerumah keluarga fulan dari kaum Anshar untuk menyampaikan lamaran Rosulullah atas nama Rabi'ah.
Ia pun bergegas menemui keluarga fulan. Kepada mrk, Rabi'ah berkata, "Sesungguhnya Rosulullah mengutusku kepada kalian agar menikahkan aku dg fulanah, putri kalian." Apa reaksi keluarga tersebut? Mereka menyambut gembira, "Selamat datang wahai Rosulullah dan utusannya. Demi Allah, utusannya akan pulang jika keperlukannya sudah terpenuhi semua". Tanpa byk aturan mereka segera menikahkan Rabi'ah dg putrinya. Merekapun melayani Rabi'ah dg sangat baik.
Setelah itu, Rabi'ah kembali ke rumah Rosulullah dg perasaan sedih. Sesampainya disana iapun berujar, "wahai Rosulullah, aku baru datang dari keluarga yg sangat murah hati. Mereka menikahkanku, melayaniku dg ramah dan tidak memintaku sebuah buktipun aku utusanmu. Padahal aku tidak mempunyai sedikitpun utk dijadikan mahar.
Mendengar keluhan Rabi'ah, Rosulullah segera memanggil Buraidah dan memintanya untuk mengumpulkan emas seberat biji kurma untuk maharnya. Buraidah serta sahabat lain melaksanakan perintah Rosulullah. Sehingga terkumpulah emas seberat biji kurma yg Rosul berikan kepad Rabi'ah. "Berikanlah emas ini kepada mereka sbg mahar".Next

selengkapnya...

Bagaimana Kaum 'Ad DIHANCURKAN ?

Badai pasir yg menimpa Kaum 'Ad ibarat "mencabut orang orang seakan mereka adalah akar pohon palem yg tercabut (dari dalam tanah)

di dalam Alquran, dituturkan bahwa kaum 'Ad telah dibinasakan dg "angin badai yg dahsyat". Dalam ayat2 ini di sebutkan bahwa badai angin yg hebat berlangsung selama tujuh malam delapan hari dan menghancurkan kaum 'Ad keseluruhannya: "kaum 'Ad pun telah mendustakan maka alangkah dahsyat-nya azab-Ku dan ancaman ancaman-Ku. Sesungguhnya kami telah menghembuskan kepada mereka angin yg sangat kenjang pada hari yg naas terus menerus (Qs Al Qamar: 18-20).



Dalam ayat lain disebutkan mereka di binasakan dg angin yg sangat dingin lagi amat kencang selama tujuh malam delapan hari terus menerus. (Qs Al Haaqqah: 6-7). Saat ini, daerah dimana kaum 'Ad pernah hidup dengan gundukan pasir.
Dalam ayat ini disebutkan bhw mereka melihat awan yg akan menghancurkan mereka, namun tidak dpt memahaminya dan berfikir bahwa itu merupakan awan yg membawa hujan. Ini mpk petunjuk penting bagaimana bencana itu saat mendekati mrk, karena sebuah badai topan yg sedang menyapu sepanjang gurun juga akan tampak seperti sebuah awan hujan dari kejauhan. Mungkin kaum 'Ad tertipu oleh kemunculan ini dan tidak menyadari bencana trsbt. Doe memberikan sebuah deskripsi ttg badai pasir (yg sepertinya pengalaman pribadinya):
"Tanda pertama (dari badai debu dan pasir) adalah mendekatnya tembok udara mengandung pasir yg tingginya mungkin ribuan kaki, yg diangkat oleh aliran yg meninggi dengan kuat dan diaduk oleh angin yg cukup kuat".
"Ubar, Atlantis dipadang pasir" yg dianggap sebagai sisa sisa kaum 'Ad telah ditemukan kembali dari bwh lapisan pasir yg bermeter meter dalamnya. Tampaknya angin dahsyat yg berlangsung selama "tujuh malam delapan hari" sebagaimana disebutkan dlm Alquran, menumpuk berton ton pasir diatas kota itu dan menimbun penduduknya hidup hidup. Penggalian penggalian di Ubar menunjukan kemungkinan yg sama. Majalah perancis, Ca M'interese menyatakan hal yg serupa; Ubar terkubur dibawah pasir setebal 12 meter karena sebuah badai.
Bukti paling penting yg menunjukan bahwa kaum'Ad dikubur oleh sebuah badai pasir adalah kata 'ahqaf Yg di gunakan dalam Alquran utk menandai kaum 'Ad. Deskripsi yg digunakan dalam ayat 21 surat Al Ahqaaf adalah sbb:

"Dan ingatlah (Hud) saudara Kaum 'Ad yaitu ketika ia memberi peringatan kpd Kaumnya di Al Ahqaf dan sesungguhnya telah terdahulu beberapa orang pemberi peringatan sebelumnya dan sesudahnya (dg mengatakan): "Janganlah kamu menyebah selain Allah, sesungguhnya aku khawatir kamu akan ditimpa Azab hari yg besar."


'Ahqaf dalam bahasa Arab berarti "bukit bukit pasir" adalah bentuk plurarl dari kata 'hiqf yg berarti sebuah bukit pasir. Ini menunjukan bhw kaum 'Ad hidup di daerah yg penuh dengan "bukit bukit pasir" yg memberikan landasan paling masuk akal utk sebuah fakta bahwa mrk dikubur oleh sebuah badai pasir. Menurut sebuah interpretasi, ahqaaf kehilangan artinya sebagai "bukit bukit pasir" dan menjadi nama sebuah tempat di selatan Yaman di mana Kaum 'Ad hidup. Ini tdk mengubah fakta bahwa akar kata ini adalah bukit bukit pasir, namun hanya menunjukan bahwa kata ini telah menjadi khas utk daerah ini karena bayaknya bukit pasir.
Penghancuran yg menimpa Kaum 'Ad yg berasal dari badai pasir yg "mencabut orang orang seakan mereka adalah akar pohon palem yg tercabut (dari dalam tanah)", tetunya sudah memusnahkan seluruh penduduk dalam waktu yg sangat singkat, mereka yg hingga saat ini msh hidup dengan mengolah lahan lahan subur dan membangun bendungan bendungan serta saluran saluran air irigasi utk mrk sendiri. Semua olahan yg subur, saluran irigasi dan bendungan milik masyarakat yg pernah hidup di sana tertutup oleh pasir, dan seluruh kota dan penduduknya terkubur hidup hidup dalam pasir, setelah mrk dihancurkan, padang pasir berkembang disana dan menutupinya tanpa meninggalkan jejak sedikitpun.
Penggalian penggalian dilakuan di Ubar, dimana sisa sisa sebuah kota ditemukan dibwh lapisan pasir yg ketebalannya bermeter meter. Di daerah ini diketahui bahwa bencana badai pasir dalam jumlah yg sangat besar terkumpul dalam waktu yg sekejap. Hal ini dpt terjadi tiba tiba dan tanpa diduga duga.
Sebagai akibatnya dapat dikatakan bhw sejarah dan arkeologi mengindisakan bhw Kaum 'Ad dan kota Iram benar benar pernah dihancurkan seperti disebutkan dlm Alquran.
Ini peringatan bagi kita semua sebagaimana yg ditegaskan dalam Alquran bhw Kaum 'Ad telah sesat karena kesombongan mrk dan berkata:

"siapakah kekuatannya yg lebih besar dari kami ?".

Di akhir ayat, dikatakan:

"Dan apakah mereka itu tidak memperhatikan bahwa Allah yg menciptakan mereka adalah lebih besar kekuauan-Nya dari mereka?" (Qs Al Fushilaat: 15)./@cwi

selengkapnya...

NASYID: Solusi untuk generasi muslim



Mungkin kita sebagai generasi muslim dan juga sbg penerus dakwah islam merasa miris ketika...
melihat fenomena yg kini marak di dunia pertelevisian kita. Bagi kalian yg ketika liburan nonton tv, pasti sering banget kan ngeliat acara musik. Entah itu ketika pagi, siang, sore dan malam. Bahkan ketika mau maghribpun kita disuguhi acara-acara musik yg tentu saja musik jahiliyah. Gimana kita tidak sering melihat acara kayak gituan, orang hampir di setiap chanel TV nasional pasti ada acara-acara musik jahiliyah.
Pokoknya hampir di setiap stasiun TV nasional, pasti ada di acara-acara musik jahiliyah. Padahal seperti yg kita ketahui, yg namanya musik jahiliyah pasti lagu-lagunya banyak yg nggak bener.
Dari yg isinya cinta-cintaan, sampa yg istrinya (maaf) selingkuh sama seks bebas. Padahal acara itu ditayangkan setiap waktu. Dari pagi sampai larut malam. Kalau di tayangkan pada jam-jam ini, kan otomatis anak-anak kecil yg masih TK atau SD pun bisa nonton. Bayangkan saja kalo anak-anak kecil dikasih tontonan seperti itu.
Inipun sangat berbahaya untuk generasi muslim. Kalau selera generasi muslim menjadi selera 'musikholic. Bisa-bisa shalat dan ngajipun ditinggalkanya. Padahal, shalat itukan 'imaduddin. Kalau tiangnya aja ditinggalkan, apa jadinya 'the next generation?.
Nah, Islam sebagai agama yg 'universal, pasti punya solusi. Solusinya yakni 'Nasyid. Apasih nasyid? Nasyid itu bisa diartikan seperti ini: cabang seni yg bersendikan Islam, karena ia mengandung lirik yg merangkumi pesanan, ingatan, kisah para Nabi, seruan dakwah islamiyah dan meniupkan semangat dalam pembangunan bangsa dan negara.
Intinya musik yg Islami tentunya. Dan mungkin istila 'Nasyid udah tidak asing lg dalam pendengaran kita. Apalagi yg hidup di pesantren. Nasyid ditanah airpun berkembang pesat. Karena nasyid mulai diterima di hati masyarakat.
Ini karena, tema-tema yg dihadirkan oleh nasyid sangat beragam. Tak hanya masalah seperti 'jihad misalnya tetapi masalah-masalah lain juga bisa jadi tema dalam liriknya. Dari masalah sosiak, persoalan pernikahan, rumah tangga dan msh banyak lg yg lainnya.
Kelompok baru pengusung nasyid terus bermunculan. Nama-nama group seperti Senada, Shoutul Harokah, Izzatul Islam, Edcoustic, Tashiru, Justise Voice, Gradisi, Shaffik, Debur, dan masih byk lagi, cukup dikenal dikalangan penikmat nasyid. Belum lagi group-group yang lebih bersifat lokal, seperti yg hadir di kalangan Remaja Mesjid, Rohis sekolah (SMP/SMU), atau kampus.
Aliranyapun bermacam-macam. Ada yg beraliran acapella, haroki, sampai dengan musik band. Dan yg pasti, lagunyapun enggak kalah dengan D'masiv, maupun Hijau Daun. Semuanyapun enak didengar. Coba dengarkan "muhasabah cinta" nya Edcoustic atau "kupinang engkau dengan Alquran" nya Gradasi. Semuanya enak di dengar. Dan yg paling penting, semuanya mengajak kita dalam kebaikan yg telah diajarakan oleh syariat. Bahkan, efek terapi yang ditimbulkan terhadap jiwa kita, jauh lebih tenggelam dalam menginspirasi ibadat kit. Maka dari itu, nasyid merupakan kesatuan seni dalam syariat dengan jiwa kita yg senantiasa bergolak. Maka manfaatkanlah hal itu dengan mengarahkannya kepada kebaikan, bukan pada kemunkaran.
Jangan kita terkena racun 'Ghozawul Fikrinya musuh-musuh Allah yang mau menjauhkan kita dari islam. Dan kita tunggu saja semoga ada setasiun TV yg benar-benar isinya bermanfaat buat masyarakat pada umumnya dan generasi yg mawadah warohmah. Semoga ./@bhu

selengkapnya...

Tiga Nabi tercatat dalam Prasasti Ebla

Penemuan prasasti Ebla setelah ribuan tahun dan informasi yg d kandungnya sangat penting dalam menjelaskan letak geografis kaum kaum yg d sebutkan dalam al quran.

Berasal dari masa sekitar 2500 SM...
prasasti Ebla memberikan keterangan teramat penting mengenai sejarah agama agama. Sisi terpenting mengenai prasasti Ebla -yg d temukan para ahli arkaeologi pd tahun 1975 dan yg sejak itu telah menjadi pokok bahasan dari byk penelitian dan perdebatan- adalah terdapatnya tiga nabi yg d sebutkan dalam kitab2 suci.
Ebla adalah sebuah kerajaan yg meliputi suatu wilayah yg d dalamnya termasuk ibu kota Suriah, Damaskus, dan Turki bagian utara. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaan di bidang kebudayaan dan ekonomi. Namun setelah itu, sebagaimana yg menimpa byk peradaban besar, menghilang dari panggung sejarah.
Dari catatan yg terawetkan tsb, tertulis bahwa kerajaan Ebra mpk pusat utama kebudayaan dan perdagangan d masanya. Penduduk Ebla memiliki sebuah peradaban yg membangun lembaga lembaga arsip negara. Mendirikan perpustakaan2 dan mencatat beraneka macam perjanjian perdagangan scr tertulis. Mrk bhkn memiliki bahasa mrk sendiri, yg di sbt sbg Eblaite.

*Fakta penting sejarah.
Peran penting sesungguhnya Kerajaan Ebla mengemuka dg di temukannya sekitar 20 ribu prasasti dan penggalan tulisan paku. Naskah ini empat kali lbh banyak dari pd seluruh naskah bertuliskan paku yg di ketahui para arkaeolog selama 3.000 thn terakhir.
Ketika bahasa2 yg di gunakan dlm prasasti trsbt di terjemahkan oleh para penterjemah naskah naskah dari universitas Roma, Giovani Pettinato, nilai penting Prasasti trsbt semakin d pahami. Apalagi, penemuan kerajaan Ebla dan kumpulan naskah negara yg luar biasa itu, tidak hanya menarik perhatian di bidang arkaeologi, tapi jg bagi kalangan agamawan. Hal ini di karenakan selain nama2 spt 'Mikail dan 'Thalut (sa-u-lum), yg berperang bersama nabi Dawud, Prasasti ini jg menuliskan nama2 nabi yg di sebutkan dlm tiga kitab suci : Nabi Ibrahim (ab-ra-mu), Nabi Dawud (da-u-dum), dan Nabi Ismail (ish-ma-il).
Nama Nabi yg di temukan dlm Prasasti Ebla memiliki nilai yg teramat penting karena ini adalah kali pertama nama2 trsbt d jumpai dalam naskah prasejarah setua ini. Informasi ini yg berasal dari zaman 1.500 thn sebelum Taurat, sangatlah mengejutkan. Kemunculan nama Nabi Ibrahim di dalam prasarti trsbt, menyatakan secara tertulis bhw Nabi Ibrahim serta agama yg di bawanya telah ada sebelum taurat.
Para sejarawan mengkaji Prasasti Ebla dari sudut pandang ini. Dan penemuan besar ttg Nabi Ibrahim dan misi yg di embannya menjadi bahan penelitian dalam kaitannya dalam sejarah agama2. David Noel Freedman, arkaeolog dan peneliti Amerika mengenai sejarah agama agama, melaporkan berdasar penelitiannya nama2 Nabi spt Ibrahim dan Ismail di dalam Prasasti trsbt.
Selain nama2 ini terdapat pula hal hal lain dan nama2 tempat di dalam Prasasti itu, yg dgnya dpt di ketahui bhw penduduk Ebla adalah para pedagang yg sangat berhasil. Nama Sinai, Gaja, dan Yerusalem yg tdk terlalu jauh letaknya dari Ebla, juga terdapat dalam tulisan trsbt. Hal ini menujukan bhw penduduk Ebla memiliki hubungan yg sgt baik dg tempat2 trsbt d bidang kebudayaan dan perdagangan.
Satu rincian penting yg d ketahui Prasasti itu adalah nama2 wilayah spt Sodom dan Gomorrah, tempat berdiamnya kaum Luth. Di ketahui bahwa Sodom dan Gomorrah adalah sebuah wilayah di pesisir Laut Mati tempat bermukimnya kaum Luth dan tempat di mana Nabi Luth mendakwahkan Risalahnya dan menyeru masyarakat utk hidup mengikuti nilai2 ajaran agama. Selain 2 nama ini, kota Iram yg tercantum di dalam ayat2 al quran, jg di antara yg tersebut di dalam Prasasti Ebla.
Sisi paling penting utk di cermati dari nama2 ini adalah bhw selain naskah2 yg di sampaikan para Nabi, nama2 trsbt belum pernah muncul di dalam naskah manapun sebelumnya. Ini adalah bukti tertulis penting yg menunjukan bhw para Nabi yg mendakwahkan risalah satu agama yg benar di masa itu telah mencapai wilayah2 trsbt.
Dalam tulisan di majalah 'Reader's Digest, tercatat d masa itu bhw terdpt pergantian agama dari penduduk Ebla selama pemerintahan Raja Ebrum. Selain itu, masyarakat mulai menambahkan imbuhahan di depan nama2 mrk dalam rangka meninggikan nama Tuhan Yang Mahakuasa.
Sejarah Ebla dan prasastinya yg di temukan setelah 4.500 thn sesungguhnya mengarahkan kpd satu kebenaran yg teramat penting: Allah telah mengirim utusan2 kepd penduduk Ebla, sebagaimana yg Dia lakukan ke setiap kaum, dan para utusan ini menyeru kaum mereka kepada agama yg benar.

selengkapnya...

Buah Ma'rifatullah


syiar islam

Seorang ahli ibadah akan optimis dalam hidupnya. Ia optimis bhw Allah akan menolong dan mengarahkan hidupnya. Semua yg ada di alam ini mutlak ada dalam kekuasaan Allah. Ketika melihat fenomena alam, idealnya kita bisa melihat Allah. Puncak ilmu adalah dg 'mengenal Allah (ma'rifatullah). Kita di katakan sukses dalam belajar...
bila dg belajar itu kita semakin mengenal Allah. Jadi percumasaja sekolah tinggi, luas pengetahuan, gelar prestisius, bila semua itu tidak menjadikan kita makin mengenal Allah.
Mengenal Allah adalah aset terbesar. Dg mengenal Allah akan membuahkan akhlak mulia. Betapa tidak, dengan mengenal Allah kita akan merasa di tatap, didengar, dan diperhatikan selalu. Inilah kenikmatan hidup yg sebenarnya. Bila demikian, hidupun jadi terarah, tenang, ringan, dan bahagia. Sebaliknya, saat kita tidak mengenal Allah, hidup kita akan sengsara, terjerumus dalam maksiat, tidak tenang dalam hidup, dan sebagainya.
Ciri orang yg ma'rifat adalah "laa khaufun 'alaihim wa lahum yahzanuun". Ia trdak takut dan sedih karena urusan duniawi. Karena itu, kualitas ma'rifat kita dapat diukur. Bila kita selalu cemas dan takut kehilangan Dunia, itu tandanya kita belum ma'rifat. Sebab, orang yg ma'rifat itu susah senangnya tidak diukur dari ada tidaknya Dunia. Susah senangnya diukur dari dekat tidaknya ia dg Allah. Maka, kita harus mulai bertanya bagaimana supaya tiap aktivitas bisa membuat kita makin kenal, dekat dan taat kepada Allah.
Salah satu ciri orang ma'rifat adalah selalu menjaga kualitas ibadatnya. Terjaganya ibadat akan mendatangkan 'tujuh keuntungan. Pertama, hidup selalu berada di jalan yg benar (on the right track). Kedua, memiliki kekuatan dalam menghadapi cobaan hidup. Kekuatan trsbt lahir dari terjaganya keimanan. Ketiga, Allah akan mengaruniakan ketenangan dalam hidup. Tenang itu mahal harganya. Ketenangan tidak dapat dibeli dan iapun tidak bisa dicuri. Apapun yg kita miliki, tidak akan pernah ternikmati bila kita selalu resah dan gelisah.
Keempat, orang ahli ibadat akan selalu optimis. Ia optimis karena Allah akan menolong dan mengarahkan kehidupannya. Sikap optimis akan menggerakan seseorang utk bertindak. Optimis akan melahirkan harapan. Tidak berarti kekuatan fisik, kekayaan, gelar atau jabatan bila kita tidak memiliki harapan.
Kelima, seorang ahli ibadat memiliki kendali dalam hidupnya. Bagaikan rem pakem produktif, setiap kali akan melakukan maksiat, Allah SWT akan memberi peringatan agar ia tidak terjerumus. Seorang ahli ibadat akan memiliki kemampuan utk bertobat.
Keenam, selalu ada dalam bimbingan dan pertolongan Allah. Bila pada poin pertama Allah sudah menunjukan jalan yg tepat, maka pada poin ini kita akan di tuntun melewati jalan tersebut. Ketujuh, seorang ahli ibadat akan memiliki kekuatan ruhiyah, tak heran jika kata2nya bertenaga, penuh hikmah, berwibawa, dan setiap keputusannya selalu tepat.
Untuk menjadi ahli ibadat kita bisa menumbuhkan ACM (Aku Cinta Masjid). Seorang muslim dengan mesjid bagaikan ikan dengan air. Tidak mungkin seorang muslim tidak betah dimasjid. Diragukan keimannya bila ia tidak akrab dengan mesjid. Ikhtiar menumbuhkan kecintaan thp shalat dan masjid adalah berusaha shalat dg tepat waktu di masjid dan dilakukan dengan berjemaah. Cara paling mudah utk melaksanakannya adalah dengan datang lebih awal ke mesjid untuk shalat.
Saudaraku, ditengah kondisi yg semakin sulit, tidak ada yang bisa menolong kita selain Allah SWT. Salah satu ikhtiar utk menggapai pertolongan Allah dengan meningkatkan pengenalan kita kepada Allah. Cara menggapainya adalah dengan ibadat secara 'istiqomah. Wallaahu a'lam. /@bhu

selengkapnya...

Prasangka dan stigmatisasi pada keshalihan



Hidup di Indonesia bagi orang shalih, makin lama makin rumit. Sebelum bom mega kuningan Juli lalu, umat Islam yg Shalih sudah repot menghadapi tudingan 'Wahabisme hanya mengenakan pakaian tertutup (cadar, jubah) dan memelihara jenggot.
Tahun 2007, para santri di Indonesia harus diambil sidik jarinya, sebuah tindakan 'pre-emptive, mendata orang yg dicurigai berpotensi menebar teror.
Baru-baru ini, kepolisian menggeledah, menangkap dan menahan orang hanya karena mengenakan Atribut yg dianggap (oleh apaarat) 'identik dg potensi teror. Jubah, jenggot, celana cingkrang, cadar, sorban. Kepolisian menhadang bus yang berjalan, merazia lelaki yg berjubah dan berjenggot. Mereka memasuki mesjid di perkampungan, menahan orang yg dicurigai. Bahkan pangdam lV diponegoro menyatakan, sebagai kewaspadaan, orang asing dg atribut di atas patut dicurigai. Anehnya, WNI atau orang asing yg berpakaian hampir telanjang, berpotensi mengganggu ketertiban umum dan norma kesusilaan, justru diterima dg baik.
Pembentukan opini publik tentang ciri-ciri orang yg perlu di waspadai ini menuai hasil. Rakyatpun saling curiga antara sesamanya. Di purbalingga dan solo, jawa tengah, anggota jemaah tabligh yg melakukan kunjungan keagamaan dari mesjid ke mesjid, dilaporkan warga ke polisi karena dicurigai sebagai jaringan terorisme. Kesalahan mereka hanya: terlalu banyak mengaji, terlalu kelihat shalih, dan menggunakan busana yg 'tak lazim.
Seorang pemuda Jember yg menerima email dari 'Nurdin M Top mengaku 'tidak lg rajin shalat. Seolah-olah shalat adalah prilaku yg tak baik, bahkan membahayakan, karena dapat dituduh sebagai kakitangan teroris. Orang tua pun mungkin ragu-ragu, jika akan mengirim putra-putrinya kepesantren. Pesantren dan santrinya telah dipotret dan diberi stigma sebagai 'potential terroris group.
Kemaren, buku berjudul 'Blind Spot diluncurkan di Jakarta. Buku yg di shunting DR Paul Marshal dari 'Center for Religius Freedom ini mengupas, jurnalis Di AS ini sangat sekular dan melepaskan persoalan dari agama. Sub judul buku itu adalah 'When Journalist Don't Get Religion (bila wartawan tidak faham agama). Kata Paul, "kalau Jurnalis mengabaikan agama, liputan mrk tentang politik AS atau ekonomi global, kehilangan maknanya. 'they miss the point."DiIndonesia, semua wartawan menghubungkan sesuatu dg agama. "Journalis in Indonesian do get religion, but they get it wrong" kata saya.
Sesungguhnya media Baratlah yg mulai menghubungkan peristiwa keonaran dengan agama, terutama islam. Media di Indonesia mengikuti saja. Yg pertama kali menyebut agama dalam insiden yg mengawali konplik di ambon (maluku) adalah majalah 'Time. Desember 1998, time memuat berita perkelahian kelompok pemuda di Ketapang, Jakarta dg pendatang Ambon. Time juga memuat gambar pengejaran dan penyembelihan orang Ambon oleh penduduk Ketapang.
Paranhnya, Time menyebutkan agamanya: Ambon kristen dan 'Native Jakarta yg islam. Konflik karena lahan parkir dan perilaku ini dipotret sebagai konflik agama. Orang Ambon kembali ke Ambon, mereka kemudian membantai orang Islam yg sedang shalat Idul Fitri di Masjid Al Fatah, Februari 1999, dua bulan setelah laporan dari time. Kemudian media Barat memberitakan sebagai "ethnic cleansing"-pembantaian umat Kristen oleh umat Islam.
Media Barat dg mudah menyebut 'Islamic terrorist' untuk pengeboman di Indonesia. Mungkin benar, pengebomnya beragama Islam, tapi penempelan kata Terorism adalah stigatisasi sistematis. Praktik ini tak adil. Mrk tidak menyebut Hindi Terroris, Christian Terroris, Chatolic terroris, Budhis terroris, Shinto terorris dan lainnya. Meski teros dilakukan di Irlandia, India, Jepang, bahkan Amerika, juga didasarkan pada Agama. Tak ada koran atau televisi yg menyebut Teroris Yahudi di Israel, meski tindakan teror yg mereka lakukan terhadap penduduk Arab. (Islam maupun Kristen) berdasarkan kepercayaan 'Judaisme mereka.
Seperti yg disampaikan Paul Marshall, wartawan AS juga mengabaikan fatkta keterlibatan Agama dalam berbagai isu di dalam negeri mrk. Padahal, Rakyat merasakan tumbuhnya fundamentalisme Kristen di pemerintahan, yg mempengaruhi kebijakan. Namun mrk tidak konsisten. Untuk isu yg sama dibelahan dunia lain, media Barat buru-buru mencari keterkaitan agama. Bahkan kasus Timtim juga diberitakan sebagai ekstentif dan intensif oleh media barat sebagai 'perang mengentaskan wilayah Katolik dari jajahan bangsa Muslim'. Padahal, menurut George Adi Tjondro, ketika Indonesia masuk ke Timtim tahun 1975, hanya 21% penduduk Timtim yg beragama Katolik. Pemerintah Soehartolah yg menyuburkembangkan Katolik dengan membangun banyak gereja di sana.
Indonesia mestinya belajar dari kekacauan 1998-2003 yg berawal dari ketapang, berpindah ke Ambon, yg menyebabkan pengungsian besar-besaran ke Maluku Utara (Tobelo, Halmahera) dan Sulawesi Tengah (Poso). Ini semua diawali oleh sesuatu yg tak ada kaitannya dg agama. Sudah waktunya insan media belajar lebih dalam tentang agama, agar ketika memberitakan sesuatu yg berbau agama, mereka mengaitkannya dg benar. Stigma dan prasangka pada saudara-saudara kita yg shalih sudah waktunya untuk di hentikan./@bhu

selengkapnya...

Keutamaan Shubuh


syiar islam

Shalat subuh adalah mpk satu di antara shalat wajib lima waktu yg mempunyai kekhusuan dari shalat lainnya dan mempunyai keutamaan yg luar biasa...
Pada saat inilah perantian malam dan siang dimulai. Pada saat ini pula malaikat malam dan siang berganti tugas (HR Al-Bukhori).
Karenanya, beruntunglah mrk yg dapat melaksanakan subuh pada awal waktu sebab disaksikan oleh malaikat, baik malaikat yg bertugas jaga dimalam hari, ataupun siang. Allah berfirman "Dan dirikanlah shalat subuh. Sesungguhnya shalat shubuh itu disaksikan (oleh para malaikat)." (Qs Al Isra': 78)
selain itu, shalat subuh jg bisa jadi penerang pada hari ketika semua oranga berada dalam kekalutan (kiamat). Seperti yg disabdakan oleh Rosulullah SAW, "Berilah kabar gembira bagi orang orang yg berjalan di kegelapan menuju mesjid (utk mengerjakan shalat subuh) dg cahaya yg terang benderang (pertolongan) pada hari kiamat." (HR Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).
Tak hanya itu, Allah pun telah menyiapkan pahala yg luar biasa bagi mereka yg membiasakan shalat subuh yg tepat pada waktunya. Yaitu mendapat pahala sebanding dg melakukan shalat semalam suntuk. Sebagaimana yg disebutkan dalam sebuah hadist, "Barangsiapa yg shalat shubuh berjemaah, maka seakan akan ia telah melaksanakan shalat semalam suntuk. (HR Bukhori).
Diantara hikmah dan alasananya adalah karena shalat subuh mpk shalat wajib yg paling 'sulit diketrjakan pada awal waktu. Banyak diantara kita yg memilih tidur diatas kasur empuk dan selimut yg hangat. Padahal seruan Alkah (adzan) pada waktu shubuh telah memberitahukan kita bahwa shala itu lebih baik daripada tidur.
Secara ilmiah, benar adanya bhw bangun pagi dan melakukan shalat lebih baik daripada terus tidur. Berdasarkan penelitian yg dilakukan oleh 'Louis J Ignarro dan 'Ferid Murad, pembuluh darah manusia akan mengembang pada tengah malam terakhir sampai menjelang siang. Kemudian secara berangsur angsur sekumpulan sel darah akan menggumpal pada dinding pembuluh, sehingga terjadi penyempitan. Inilah yg mengakibatkan darah tinggi.
Menurut perain Nobel dibidang Fisiologi dan kedokteran tahun 1998, ada cara ilmiah yg bisa dilakukan oleh setiap orang, yaitu menggerakan tubuh sejak pagi buta. Karena, penelitian mrk menunjukan bhw dg menggerak gerakkan tubuh, gumpalan sel tadi akan melebur berrama aliran darah yg terpompa dg kencang pada waktu bergerak gerak./@bhu

selengkapnya...

Menikahlah wahai pemuda (jilid.2)

Sehingga terkumpulah emas seberat biji kurma yg Rosul berikan kepad Rabi'ah. "Berikanlah emas ini kepada mereka sbg mahar".
Rabi'ah segera pergi kerumah mertuanya untuk memberikan mahas tersebut. Merekapun menerimanya dg perasaan ridho, bahkan berkata, "Ini mahar yg sangat bagus dan banyak."
Anehnya, Rabi'ah malah kembali ke rumah Rosulullah dg perasaan sedih.

Melihat hal itu, beliau bertanya lagi, "Rabi'ah kenapa engkau bersedih lagi?" Rabi'ah menjawab, "Wahai Rosulullah, tidak pernah kujumpai orang yg semurah hati mereka. Dengan ridho mereka menerima maharku, bahkan mengatakannya sudah sgt banyak dan bagus. Sekarang, aku tidak punya sesuatu pun untuk acara walimah nanti."
Rosul yg mulia tersenyum dan berkata kepada Buraidah, "Wahai Buraidah, kumpulkanlah uang untuk membeli kambing."
Tak lama kemudian merekapun mendapatkan seekor kambing yg besar dan gemuk. "Pergilah engkau kepada 'Aisyah dan minta ia menyerahkan tempat simpanan yg berisi makanan!," ungkap Nabi SAW. Rabi'ah segera melaksanakan titah Rosulullah. Ia pergi kerumah 'Aisyah dan mengatakan apa yg beliau minta.
"Tukarkan ini berisi tujuh sha' gandum. Demi Allah, tidak ada lagi. Bila kami mempunyai makanan lain, maka ambilah,"kata 'Aisyah. Rabi'ah kemudian membawa gandum itu kepada Rosulullah dan mengatakan apa yg dikatakan 'Aisyah. Rosulpun segera meminta Rabi'ah untuk membawa gandum dan kambing itu kerumah mertuanya. Sesampainya disana, merekapun berkata, "Biarlah kami yg membuat rotinya. Sedang kambing, engkau saja yg memasaknya." Bersama beberapa orang dari bani Aslam, Rabi'ah menyembelih dan memasak kambing itu.
Setelah semua siap, Rabi'ah mengundang Rosulullah SAW untuk menghadiri acara walimahan pernikahannya dg Fulanah dari kaum Anshor. Akhirnya, semua berbahagia./@cwi

selengkapnya...

Gabung bersama kami

About Me

admin jg menerima pelayanan jasa

admin jg menerima pelayanan jasa
Jasa arsitek rumah; desain arsitek / desain rumah, gambar denah rumah, bangun rumah baru, renovasi rumah dan pembangunan mesjid, mushola, ruko, disaign taman, dll. klik gambar utk kontak personal.

Syiar Islam On Twitter

Site info

Kalkulator Zakat Fitrah

  © Syiar islam Intisari Muslim by Dede Suhaya (@putra_f4jar) 2015

Back to TOP  

Share |