Riwayat singkat salahuddin al-ayubi


SIAPA SALAHUDDIN AL-AYUBI? SALAHUDDIN al-Ayubi dilahirkan pada 532 Hijrah bersamaan 1138 Masihi di Kota Tarkit iaitu bahagian Tebing Barat Sungai Tigris, terletak di antara Mosul dan Baghdad. Beliau adalah anak gabenor. Ayahnya, Najmuddin Ayub bin Shadhi adalah anak saudara kepada Sultan Nurudin Zenggi, berketurunan Kurdistan yang berasal dari Azerbaijan. Selain sebagai panglima perang, beliau adalah pendakwah, mujahid dan tokoh pemimpin Islam yang bukan daripada kalangan bangsa Arab. Ketika hayatnya, beliau lebih banyak berada di khemah perang daripada duduk di istana bersama keluarga.
Siapa saja yang menggalakkannya berjihad akan mendapat kepercayaannya. Apabila hendak memulakan jihad melawan tentera salib, beliau akan menumpukan seluruh perhatiannya kepada persiapan perang dan menaikkan semangat tentera. Di medan perang, beliau bagaikan seorang ibu garang kehilangan anak tunggal. Beliau bergerak dari satu hujung medan peperangan ke hujung yang lain untuk mengingatkan tenteranya supaya benar-benar berjihad di jalan Allah. Beliau juga akan pergi ke seluruh pelosok tanah air dengan mata yang berlinangan mengajak manusia supaya bangkit membela Islam. Ketika berusia 17 tahun, Salahuddin al- Ayubi mula berkhidmat dengan Nur al- Din di Damsyik. Beliau adalah panglima tentera, pemimpin dan pentadbir negara yang sangat berbakat dan sangat popular ketika zaman perang salib. Beliau membabitkan diri dalam peperangan salib di kawasan Mesir, Palestin dan Syria. Beliau mula terkenal pada 559 Hijrah ( 1164 Masihi) apabila menyertai ekspedisi bersama-sama Shirkuh yang dihantar oleh Nur al-Din bagi menentang tentera Salib di Mesir. Beliau berjaya mengusir Amaury dari Mesir pada 1 Rabiulakhir 564 Hijrah (Januari 1969 Masihi). Selepas Shirkuh meninggal dunia, tempatnya diganti oleh Salahuddin al-Ayubi. Pada masa sama, Nur al-Din melantik beliau sebagai panglima angkatan tentera Syria. Bagi memperkukuhkan tentera Islam, Salahuddin meminta negara Islam diurus di bawah satu pemerintahan. Walaupun cadangannya tidak dipersetujui sesetengah pihak termasuk pemimpin Syria, cita-cita Salahuddin itu termakbul. Dalam bulan Zulkaedah 570 Hijrah (Mei 1175 Masihi), khalifah Abbasiyyah mengisytiharkan Salahuddin al-Ayubi sebagai Sultan Mesir dan menggelarkan dirinya sebagai Sultan al-Islam wa al- Muslimin. Pada tahun itu juga beliau membina kota pertahanan di Kaherah. Pada tahun 583 Hijrah (1187 Masihi) berlaku Perang Salib kedua, yang juga dikenali sebagai Perang Hittin. Peperangan ini dipimpin sendiri oleh Salahuddin al-Ayubi hingga membuka jalan mudah untuk menawan kembali Baitulmaqdis. Pada tahun 588 Hijrah (1192 Masihi) berlaku Perang Salib ketiga, hasil dendam dan kekecewaan golongan pembesar Kristian. Mereka berusaha merampas semula Baitulmaqdis daripada orang Islam. Walaupun perang Salib yang ketiga itu menggabungkan seluruh kekuatan negara Kristian, mereka tidak mampu menggugat kekuatan tentera Salahuddin al-Ayubi. Pihak Kristian mengalami kekalahan dan ramai tentera terbunuh dan tertawan. Baitulmaqdis yang dikuasai orang Kristian selama 88 tahun, dapat ditakluki semula oleh Salahuddin al-Ayubi. Sifat penyayang dan belas kasihan Salahuddin ketika peperangan sangat jauh berbeza daripada kekejaman tentera Kristian. Ahli sejarah Kristian pun mengakui mengenai hal itu. Lane-Poole (penulis Barat) mengesahkan, kebaikan hati Salahuddin mencegahnya daripada membalas dendam. Beliau menulis bahawa Salahuddin menunjukkan ketinggian akhlaknya ketika orang Kristian menyerah kalah. Tenteranya sangat bertanggungjawab, menjaga peraturan di setiap jalan, mencegah segala bentuk kekerasan sehingga tidak ada kedengaran orang Kristian dianiaya. Selanjutnya Lane-Poole menuliskan mengenai tindak-tanduk tentera Kristian ketika menawan Baitulmaqdis kali pertama pada 1099. Tercatat dalam sejarah bahawa ketika Godfrey dan Tancred menunggang kuda di jalan-jalan Jerusalem, jalan itu dipenuhi mayat, orang Islam yang tidak bersenjata diseksa, dibakar dan dipanah dari jarak dekat di atas bumbung dan menara rumah ibadat. Darah membasahi bumi yang mengalir daripada pembunuhan orang Islam secara beramai-ramai. Ia juga mencemarkan kesucian gereja yang sebelumnya mengajar sifat berkasih sayang. Orang Kristian sangat bertuah apabila mereka dilayan dengan baik oleh Salahuddin. Beliau meninggal dunia pada 27 Safar 589 Hijrah (1193 Masihi) pada usia 55 tahun di Damsyik, Syria slepas memerintah selama 25 tahun. Beliau sakit selama 14 hari sebelum menghembuskan nafas terakhir. Beliau meninggal dunia tanpa meninggalkan sebarang harta untuk diwariskan. Beliau dikatakan hanya memiliki 47 dirham wang perak dan 1 dinar wang emas. Urusan penyelenggaraan jenazah ditanggung oleh keluarga beliau, manakala kain kafannya diberikan oleh menteri. Malammu disinar solat munajat Siangmu dihias lonjakan jihad Pembela insan yang miskin dan lara Kemelut yang menyelubungi Dalam sirah ummah Kau ungkai dengan fatwa nubuwwah Pernah kembara bagai pelarian Akhri bertakhta penuh kemuliaan Berkurung dendam demi keamanan Bergemalah bumi Anbia Takbir kemenangan Menjulang iman hapus kemungkaran Walaupun seisi dunia Melutut di tapak kakimu Tetapi kau pergi tanpa sisanya untuk Diwarisi Quran Hadith terpasak di kalbumu Syair puisi pelembut rasamu Tinta senjata lakaran mindamu Darah juga airmatamu Dakwat yang mewarna Lembaran agung insan terulung Jasamu Salahuddin Bagai kasturi mewangi Harumannya melewati Baitul Maqdis Walaupun jasadmu tiada Semangatmu tetap menyala Kekal menjadi aspirasi Mujahid kini dan selamanya Malammu disinar solat munajat Siangmu dihias lonjakan jihad Pembela insan yang miskin dan lara Kemelut yang menyelubungi Dalam sirah ummah Kau ungkai dengan fatwa nubuwwah Kaulah satria, kaulah perwira Fisabilillah ( mestica ) Berkata SALAHUDDIN AL-AYUBI : “Sesiapa yang menguasai Palestin, dia menguasai dunia.” [ ya ALLAH! masih adakah "salahuddin al- ayubi" di zaman ini? rindu akan laungan takbir kemenangan di baitul maqdis ] CORETAN KASIH : SYAFIRUZ AFIRA AT

/@cwi

selengkapnya...

Alexander Agung

Alexander (yang) Agung , juga dieja: Aleksander (yang) Agung , ( bahasa Yunani : Μέγας Ἀλέξανδρος ("Megas Alexandros"), bahasa Inggris : Alexander the Great ) adalah seorang penakluk asal Makedonia . Ia diakui sebagai salah seorang pemimpin militer paling jenius sepanjang zaman. Ia juga menjadi inspirasi bagi penakluk- penakluk seperti Hannibal , Pompey dan Caesar dari Romawi , dan Napoleon . Dalam masa pemerintahannya yang singkat, Alexander mampu menjadikan Makedonia sebagai salah satu kekaisaran terbesar di dunia. Riwayat Alexander dilahirkan pada tanggal 20 Juni 356 SM di Pella, ibu kota Makedonia, sebagai anak dari Raja Makedonia, Fillipus II , dan istrinya Olympias, seorang Putri dari Epirus . Ketika kecil, ia menyaksikan bagaimana ayahnya memperkuat pasukan Makedonia dan memenangkan berbagai pertempuran di wilayah Balkan . Ketika berumur 13 tahun, Raja Filipus mempekerjakan filsuf Yunani terkenal, Aristoteles , untuk menjadi guru pribadi bagi Alexander. Dalam tiga tahun, Aristoteles mengajarkan berbagai hal serta mendorong Alexander untuk mencintai ilmu pengetahuan, kedokteran, dan filosofi. Pada tahun 340 SM, Filipus mengumpulkan sepasukan besar tentara Makedonia dan menyerang Byzantium. Selama penyerangan itu, ia memberikan kekuasaan sementara kepada Alexander yang ketika itu berumur 16 tahun, untuk memimpin Macedonia. Raja Phillip II meninggal tahun 336 SM oleh pembunuh gelap pada saat pernikahan putrinya. Alexander pun naik tahta menggantikan ayahnya pada usia 20 tahun. Sesaat setelah kematian Phillip, kota-kota di Yunani yang sebelumnya telah tunduk pada Makedonia seperti Athena dan Thebes memberontak. Alexander segera bertindak dan berhasil menggagalkan pemberontakan tersebut. Namun, tahun beikutnya terjadi pemberontakan kembali, dia memutuskan untuk bertindak tegas dengan mengahancurkan Thebes dan menjual seluruh penduduknya sebagai budak. Kejadian ini berhasil memadamkan keinginan kota-kota lain untuk memberontak. Tahun 335 SM, Alexander menyerang Persia dengan membawa sekitar 42.000 pasukan. Selama dua tahun berikutnya Alexander memenangkan berbagai pertempuran melawan pasukan Persia hingga akhirnya dia berhasil mengalahkan pasukan yang dipimpin oleh Raja Persia Darius III pada 333 SM. Darius yang kabur berusaha untuk damai dengan menawarkan Alexander wilayah dan harta namun ditolak. Alexander mengatakan bahwa dia sekarang adalah Raja Asia dan hanya dia yang berhak menentukan pembagian wilayah. Alexander kemudian meneruskan ekspansi militernya hingga berhasil menaklukkan wilayah Mesir hingga ke perbatasan India sebelum terpaksa berhenti karena prajuritnya yang kelelahan karena pertempuran terus- menerus selama sepuluh tahun. Alexander kemudian kembali ke kerajaanya untuk merencanakan ekspansi baru. Selama perjalanan ia mengeksekusi banyak satrap (semacam gubernur) dan pejabat yang bertindak melenceng sebagai contoh. Kemudian sebagai wujud terima kasih pada para prajuritnya, Alexander memberi sejumlah uang pada mereka dan menyatakan bahwa ia akan mengirim para veteran dan cacat kembali ke Makedonia. Namun tindakan ini justru diartikan sebaliknya oleh prajurit Alexander. Selain itu, mereka juga menentang sejumlah keputusan Alexander, seperti mengadopsi budaya Persia dan dimasukkanya pasukan dari Persia ke dalam barisan prajurit dari Makedonia. Sejumlah Prajurit kemudian memberontak di kota Opis . Alexander mengeksekusi para pemimpin pemberontakan tersebut, namun mengampuni para prajuritnya. Dalam upaya menciptakan perdamaian yang bertahan antara orang-orang Makedonia dan rakyat Persia, Alexander mengadakan pernikahan massal antara para perwiranya dengan wanita bangsawan dari Persia. Akan tetapi, hanya sedikit pernikahan yang bertahan lebih dari setahun. Sewaktu di Babilonia, Alexander tiba-tiba terkena sakit parah dan mengalami demam selama 11 hari sebelumnya akhirnya meninggal pada tanggal 10 Juni 323 SM , dalam usia sekitar 33 tahun. Penyebab kematian yang sesungguhnya tidak jelas. Setelah kematian Alexander, tidak adanya ahli waris menyebabkan terjadi perpecahan dan pertempuran antara para bawahannya. Akhirnya, setelah perselisihan bertahun-bertahun, sekitar tahun 300 SM, kekuasaan atas bekas kerajaan Alexander terbagi menjadi 4 wilayah yang masing dikuasai salah satu jendral Alexander. Walaupun hanya memerintah selama 13 tahun, semasa kepemimpinannya ia mampu membangun sebuah imperium yang lebih besar dari setiap imperium yang pernah ada sebelumnya. Pada saat ia meninggal, luas wilayah yang diperintah Alexander berukuran 50 kali lebih besar daripada yang diwariskan kepadanya serta mencakup tiga benua ( Eropa , Afrika , dan Asia ). Penyatuan wilayah dari makedonia hingga persia oleh Alexander Agung menyebabkan terbetuknya perpaduaan kebudayaan Yunani, Mediterrrania, Mesir, dan Persia yang disebut dengan kebudayaan Hellenisme . Pengaruh Hellenisme ini bahkan sampai ke India dan Cina . Khusus di Cina, pengaruh kebudayaan ini dapat ditelusuri di antaranya dengan artefak yang ditemukan di Tunhuang . Alexander selama ekspansinya juga mendirikan beberapa kota yang semuanya dinamai berdasarkan namanya, seperti Alexandria atau Alexandropolis. Salah satu dari kota bernama Alexandria yang berada di Mesir, kelak menjadi terkenal karena perpustakaannya yang lengkap dan bertahan hingga seribu tahun lamanya serta berkembang menjadi pusat pembelajaran terhebat di dunia pada masa itu. Gelar The Great atau Agung di belakang namanya diberikan karena kehebatannya sebagai seorang raja dan pemimpin perang lain serta keberhasilanya menaklukkan wilayah yang sangat luas hanya dalam waktu 10 tahun. Alexander Agung dan Dzulqarnain Artikel utama untuk bagian ini adalah: Alexander dalam Al-Qur'an Lihat pula: Hikayat Iskandar Zulkarnain Alexander Agung adalah salah satu tokoh yang dianggap sebagai Dzul Qarnain (Iskandar Zulkarnain) yang dapat ditemukan pula pada kitab suci Al Qur'an , Surah Al Kahfi 83-101 . Dikisahkan ialah yang mengurung bangsa Ya’juj dan Ma’juj (Gog dan Magog) - yang menurut hadist shahih, bangsa tersebut akan keluar di akhir zaman. Riwayat ini bemula dari saat ia akan menaklukkan suatu daerah, penduduk tersebut tanpa disangka bersedia mengikutinya. Asal bangsa Yajuj dan Majuj dikurungnya. Maka Iskandar Dzulqarnain mengurung kedua bangsa tersebut. Dan para penduduk pun bersedia ditaklukkan dengan suka cita. Anggapan tersebut datang dari kisah Alexander Romance yang sudah ada sebelum Islam . Beberapa allamah Muslim menolak anggapan Alexander Agung adalah Dzul Qarnain, sebab Alexander Agung bukanlah monoteis , sedangkan Dzul-Qarnain adalah penyembah Allah dan hanya seorang penguasa. Pranala luar Dunia pada saat kematian Alexander, menunjukkan kemaharajaannya dalam konteks geopolitik yang lebih besar


/@cwi

selengkapnya...

Sekelumit tentang Syekh Siti Jenar


Syekh Siti Jenar lahir sekitar tahun 829 H/1348 C/1426 M ( Serat She Siti Jenar Ki Sasrawijaya; Atja, Purwaka Tjaruban Nagari ( Sedjarah Muladjadi Keradjan Tjirebon), Ikatan Karyawan Museum, Jakarta, 1972 ; P.S. Sulendraningrat, Purwaka Tjaruban Nagari, Bhatara, Jakarta, 1972 ; H. Boedenani, Sejarah Sriwijaya, Terate, Bandung, 1976 ; Agus Sunyoto, Suluk Abdul Jalil Perjalanan Rohani Syaikh Syekh Siti Jenar dan Sang Pembaharu , LkiS, yogyakarta, 2003-2004 ; Sartono Kartodirjo dkk, [i]Sejarah Nasional Indonesia, Depdikbud, Jakarta, 1976 ; Babad Banten; Olthof, W.L., Babad Tanah Djawi. In Proza Javaansche Geschiedenis, ‘s- Gravenhage, M.Nijhoff, 1941 ; raffles, Th.S., The History of Java, 2 vol, 1817 ), dilingkungan Pakuwuan Caruban, pusat kota Caruban larang waktu itu, yg sekarang lebih dikenal sebagai Astana japura, sebelah tenggara Cirebon. Suatu lingkungan yg multi-etnis, multi-bahasa dan sebagai titik temu kebudayaan serta peradaban berbagai suku. Selama ini, silsilah Syekh Siti Jenar masih sangat kabur. Kekurangjelasan asal-usul ini juga sama dgn kegelapan tahun kehidupan Syekh Siti Jenar sebagai manusia sejarah. Pengaburan tentang silsilah, keluarga dan ajaran Beliau yg dilakukan oleh penguasa muslim pada abad ke-16 hingga akhir abad ke- 17. Penguasa merasa perlu untuk “mengubur” segala yg berbau Syekh Siti Jenar akibat popularitasnya di masyarakat yg mengalahkan dewan ulama serta ajaran resmi yg diakui Kerajaan Islam waktu itu. Hal ini kemudian menjadi latar belakang munculnya kisah bahwa Syekh Siti Jenar berasal dari cacing.
Dalam sebuah naskah klasik, cerita yg masih sangat populer tersebut dibantah secara tegas, “ Wondene kacariyos yen Lemahbang punika asal saking cacing, punika ded, sajatosipun inggih pancen manungsa darah alit kemawon, griya ing dhusun Lemahbang .” [Adapun diceritakan kalau Lemahbang (Syekh Siti Jenar) itu berasal dari cacing, itu salah. Sebenarnya ia memang manusia berdarah kecil saja ( rakyat jelata), bertempat tinggal di desa Lemah Abang]….< serat Candhakipun Riwayat jati ; Alih aksara; Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah, 2002 , hlm. 1 > Jadi Syekh Siti Jenar adalah manusia lumrah hanya memang ia walau berasal dari kalangan bangsawan setelah kembali ke Jawa menempuh hidup sebagai petani, yg saat itu, dipandang sebagai rakyat kecil oleh struktur budaya Jawa, disamping sebagai wali penyebar Islam di Tanah Jawa. Syekh Siti Jenar yg memiliki nama kecil San Ali dan kemudian dikenal sebagai Syekh ‘Abdul Jalil adalah putra seorang ulama asal Malaka, Syekh Datuk Shaleh bin Syekh ‘Isa ‘Alawi bin Ahmadsyah Jamaludin Husain bin Syekh ‘ Abdullah Khannuddin bin Syekh Sayid ‘Abdul Malikal-Qazam . Maulana ‘Abdullah Khannuddin adalah putra Syekh ‘Abdul Malik atau Asamat Khan. Nama terakhir ini adalah seorang Syekh kalangan ‘Alawi kesohor di Ahmadabad, India, yg berasal dari Handramaut. Qazam adalah sebuah distrik berdekatan dgn kota Tarim di Hadramaut. Syekh ‘Abdul Malik adalah putra Syekh ‘Alawi, salah satu keluarga utama keturunan ulama terkenal Syekh ‘Isa al-Muhajir al-Bashari al-‘ Alawi, yg semua keturunannya bertebaran ke berbagai pelosok dunia, menyiarkan agama Islam. Syekh ‘Abdul Malik adalah penyebar agama Islam yg bersama keluarganya pindah dari Tarim ke India. Jika diurut keatas, silsilah Syekh Siti Jenar berpuncak pada Sayidina Husain bin ‘Ali bin Abi Thalib, menantu Rasulullah . Dari silsilah yg ada, diketahui pula bahwa ada dua kakek buyutnya yg menjadi mursyid thariqah Syathariyah di Gujarat yg sangat dihormati, yakni Syekh Abdullah Khannuddin dan Syekh Ahmadsyah Jalaluddin. Ahmadsyah Jalaluddin setelah dewasa pindah ke Kamboja dan menjadi penyebar agama Islam di sana. Adapun Syekh Maulana ‘sa atau Syekh Datuk ‘ Isa putra Syekh Ahmadsyah kemudian bermukim di Malaka. Syekh Maulana ‘Isa memiliki dua orang putra, yaitu Syekh Datuk Ahamad dan Syekh Datuk Shaleh. Ayah Syekh Siti Jenar adalah Syekh Datuk Shaleh adalah ulama sunni asal Malaka yg kemudian menetap di Cirebon karena ancaman politik di Kesultanan Malaka yg sedang dilanda kemelut kekuasaan pada akhir tahun 1424 M, masa transisi kekuasaan Sultan Muhammad Iskandar Syah kepada Sultan Mudzaffar Syah. Sumber- sumber Malaka dan Palembang menyebut nama Syekh Siti Jenar dgn sebutan Syekh Jabaranta dan Syekh ‘Abdul Jalil. Pada akhir tahun 1425 , Syekh Datuk Shaleh beserta istrinya sampai di Cirebon dan saat itu, Syekh Siti Jenar masih berada dalam kandungan ibunya 3 bulan. Di Tanah Caruban ini, sambil berdagang Syekh Datuk Shaleh memperkuat penyebaran Islam yg sudah beberapa lama tersiar di seantero bumi Caruban, besama-sama dgn ulama kenamaan Syekh Datuk Kahfi, putra Syehk Datuk Ahmad. Namun, baru dua bulan di Caruban, pada tahun awal tahun 1426 , Syekh Datuk Shaleh wafat. Sejak itulah San Ali atau Syekh Siti Jenar kecil diasuh oleh Ki Danusela serta penasihatnya, Ki Samadullah atau Pangeran Walangsungsang yg sedang nyantri di Cirebon, dibawah asuhan Syekh datuk Kahfi. Jadi walaupun San Ali adalah keturunan ulama Malaka, dan lebih jauh lagi keturunan Arab, namun sejak kecil lingkungan hidupnya adalah kultur Cirebon yg saat itu menjadi sebuah kota multikultur, heterogen dan sebagai basis antarlintas perdagangan dunia waktu itu. Saat itu Cirebon dgn Padepokan Giri Amparan Jatinya yg diasuh oleh seorang ulama asal Makkah dan Malaka, Syekh Datuk Kahfi , telah mampu menjadi salah satu pusat pengajaran Islam, dalam bidang fiqih dan ilmu ‘alat, serta tasawuf. Sampai usia 20 tahun, San Ali mempelajari berbagai bidang agama Islam dgn sepenuh hati, disertai dgn pendidikan otodidak bidang spiritual. Sumber http://yuliano.vox.com/library/post/ asal-usul-syekh-siti-jenar.html 8 Comments so far wendi on June 4 th, 2009 salute for syeah siti jenar berani tampil beda yes odang on July 10 th, 2009 di pondok pesantren manakah dapat mempelajari ajaran murni syekh siti jenar ? terima kash odang on July 10 th, 2009 di pondok pesantren manakah dapat menpelajari / mengamalkan ajaran sekh siti jenar yg murni? terima kasih Herdoni Wahyono on July 22 nd, 2009 Kisah Syekh Siti Jenar sampai sekarang masih menjadi teka teki bagi kebanyakan orang. Benarkah sosok Syekh Siti Jenar ada dalam wujudnya sebagai manusia dan hidup di zaman para Walisanga ? Benarkah makamnya ada di Jepara Jawa Tengah ? Sebenarnya cerita Syekh Siti Jenar adalah tajassudil makna atau masal atau perumpamaan. Masal adalah perumpamaan, untuk memudahkan menerima keterangan- keterangan yang sulit. Banyak keterangan yang bersifat rahasia yang terkandung di dalam kisah Syekh Siti Jenar. Arti kata “Syekh Siti Jenar” : Kata “syekh” dapat diartikan menurut bahasa dan juga dapat diartikan menurut istilah. Menurut bahasa, kata “syekh” adalah setiap orang yang sudah berumur lebih dari 40 tahun, itu dinamakan syekh baik orang itu mukmin atau orang itu kafir. Menurut istilah, kata “syekh” adalah setiap orang yang mempunyai ilmu hakekat, walaupun orang itu berusia sebelum 40 tahun. Kata “siti” berarti “isinya hati”. Tempatnya di dalam hati, bukan di bibir atau lesan. Kata “jenar” itu artinya kuning. Kuning itu menggembirakan. Siti Jenar berarti isinya hati yang kuning (yang menggembirakan). Di dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 69 : … “Kuning warnanya, menggembirakan hati orang-orang yang melihatnya”. Maksudnya cerita Syekh Siti Jenar itu adalah peringatan supaya kita jangan sembrono meletakkan ilmu haq. Karena salah meletakkan ilmu haq itu adalah seperti mengalungkan berlian pada lehernya celeng/babi. Celeng itu meskipun dikalungi dengan berlian, tetap tidak akan mulia. Dalam Kitab Jamius Shaghir Bab huruf Tha hal 194 ada sebuah hadits yang bunyinya : Bersabda Rasulullah SAW : “Tiap-tiap orang muslim yang meletakkan ilmu bukan pada ahlinya laksana mengalungkan permata berlian dan mutiara serta emas di lehernya celeng” ( An Anas, Rowahu Ibnu Majjah). Jadi kesimpulannya : Orang yang namanya Syekh Siti Jenar dan hidup di zaman Walisanga itu sebenarnya tidak ada. Itu hanyalah sebagai lambang akan bahayanya meletakkan ilmu haq tidak pada tempatnya. Lambang itu kemudian dijasadkan agar mudah diterima. Itulah yang dinamakan Tajassudil Makna. Seandainya percaya bahwa Siti Jenar itu ada, pasti akan sesat. Gunawan on October 14 th, 2009 @Herdoni Wahyono : yeps saya setuju dengan anda bung, bahkan ada yang menyebut bahwa seh siti jenar ini hanya tokoh fiktifnya dari sunan kali jaga dalam mengajarkan ilmunya. limin on October 28 th, 2009 @herdoni W. saya kurang sependapat dengan anda, terbukti ajaran syekh siti jenar tersebut masih eksis sampe sekarang, apakah mungkin ajaran yang hanya dalam “fiktif (menurut anda)” itu bisa lestari sampai sekarang???…. aku lebih setuju pada pendapat2 yang mengatakan ajaran syekh siti jenar dan syekh siti jenarnyapun adalah benar keberadaannya,, tetapi karena soal ” politik” ajaran tersebut dianggap sesat dan menyesatkan oleh penguasa saat itu… sabar black on November 12 th, 2009 syeh siti jenar adalah seorang wali Allah yang tidak mempunyai ayah, tetapi syeh siti jenar mempunyai ayah dalam keadaan ghoib , karena seorang syeh siti jenar adalah titisan dari seorang kenabian musa kalamullah, dan perlu di ketahui bahwa seorang syeh siti jenar tidak meninggal tetapi hilang di telan bumi, dengan ilmu berdialog dengan Allah, dan seorang syeh siti jenar tidak mempunyai turunan dari arab karena setiap wali Allah bukan di lahirkan tetapi di temukan dan di urus oleh manusia yang mempunyai hati nurani yang tulus dan ikhlas dan ini menjadi sebuah pandangan hidup yang di bawa oleh cerita dan cerita…seorang kewalian adalah anak antah brantah . banas pati on November 19 th, 2009 yang saya tau syekh siti jenar adl syekh lemah abang yang didalamnya menjelaskan kalo siti= tanah/lemah jenar = merah jadi kalo dalam arti jawa syekh siti jenar adl syekh yang menyebarkan ilmu tentang kehidupan sejati kalo dalam waktu itu kebetulan syekh berada pada jaman kekuasaan islam makanya dia menyatakan bahwa dirinya seorang yg beragama muslim. tp menurut dia belajar ttg ajaran wali yang sempat menjadi gurunya masih belum memuaskan hatinya ttg bgaimana cara pendekatan pada sang khalik dgn sempurna makanya pada kisah crita ni ya, dia mendirikan padepokan/perguruan sendiri dicirebon dan critanya waktu itu syekh mendapatkan wejangan dr sang widi ttg kesempurnaan org adl ketika seseorang mdptkan ….?,tdk perlu saya ceritakan sgkat aja. wkt para wali 9 memanggilnya tuk berdiskusi kalo syekh tdk segera bertobat maka akn dihukum syehk pun berkata saya tdk perlu dihukum mati maka menurut cerita buku jawa wktu itu syekh siti jenar/ menutup air kehidupan dengan sendirinya,dia pun hanyut tak berwujud lagi tdk ada lagi bentuk atau wujud dari syekh dr crita diatas saya cuma pengen share aja ma kalian jangan pernah salah artikan syech siti jenar


/@cwi

selengkapnya...

Sakti A Sihite Mengaku Seorang Rosul


Opini Popularitas adalah semu. Tapi bagi sebagian orang, bisa jadi popular adalah sebuah kebutuhan dan kewajiban diri. Bagaimana tidak? Lha dengan popularitas dia bisa meraup keuntungan baik materiil maupun kepuasan batin. Semisal, ketika ia tidak dikenal sama sekali lalu kemudian ia menggulirkan sebuah isu yang menggemparkan masyarakat via blognya atau situs jejaring social, maka ia pun akan dikenal.
Ia akan dicari oleh banyak orang. Pertanyaan masyarakat adalah ‘siapa sih sebenarnya orang ini berani membuat isu seperti itu?’. Maka kepuasan batinnya terpenuhi, ’Hmmm, saya berhasil’. Populer dan dicari, ini yang sekarang terjadi. Seseorang yang mengaku-ngaku sebagai seorang rosul, muncul kembali. Pengakuan tersebutpun bergulir didunia maya. Yang ia lakukan via blog dan situs jejaring sosial : facebook. Dia adalah Sakti Alexander Sihite ( 32). Seorang alumni Fakultas Hukum UI. Menurut nasional.vivanews.com Sakti A Sihite mengaku sebagai rasul tapi bukan nabi. Pria yang tinggal di Jakarta ini mendapat 'wahyu' kerasulan pada 2007. Sakti menyatakan ada kekeliruan pengertian di masyarakat tentang Nabi Muhammad sebagai penutup kenabian. "Pengalaman rohani saya dapatkan sejak 2005. Itu mulai ada pengalaman mengarah ke sana (kerasulan). Ada semacam induksi energi," kata Sakti A Sihite dalam perbincangan dengan VIVAnews . Benarkah ia mendapatkan ’wahyu’? wallahu’ alam. Sebagai orang yang beriman, kita wajib mengimani bahwa Rosululloh Muhammad saw, adalah nabi akhir zaman. Munculnya nabi-nabi palsu sudah sejak dahulu. Jadi apakah ini harus kita percayai. TIDAK. Entah apa tujuan dari orang tersebut mengaku-ngaku sebagai nabi. Menurut www.harian-global.com /18 November 2009 Petugas menunggu di rumah kontrakannya berjam-jam di Jalan Swasembada XXII, Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Jakarta Utara namun sosok Sakti tak kunjung muncul. " Mungkin nanti sore atau malam, Pak," ujar Gana, penjaga tempat kos milik Ny Sri Mulyani, kepada petugas Intel Polsek Tanjung Priok, Selasa (17 /11). Walaupun pria yang pernah bekerja di Pelindo, Jakarta Utara tidak ada di rumah kosnya tetapi polisi berhasil masuk dan memeriksa kamarnya yang disaksikan oleh aparat Rt dan RW setempat. Petugas menyita beberapa barang bukti seperti bendera, ratusan lembar kertas yang isinya pengakuan bahwa Sakti Alexander Sihite sebagai Rasul di Akhir Zaman. "Kita tunggu saja sampai dia datang ke rumah kosnya," ujar petugas polisi. Menurut keterangan Adi,warga, lelaki yang sudah memiliki satu anak itu tinggal di rumah kos milik Sri Mulyani sekitar satu tahun dengan harga sewa Rp 350 /perbulan. Namun pengakuan Sakti sebagai rasul tidak diketahui oleh warga sekitar karena setiap hari gerak- geriknya tidak menampakkan kelainan, apalagi menyebarkan ajarannya dan memperkenalkan sebagai rosul. "Di sini biasa saja, orangnya kalem, terkadang shalat di masjid. Tetapi tidak macam-macam, seperti menyebarkan ajarannya, dia hanya pergi pagi pulang malam," kata Andi. Mmmm, tetangga sebelah aja tidak tahu kalau ia mengaku sebagai nabi, lha ini ko menyampaikannnya via dunia maya. Bukankah seharusnya dakwah itu dimulai dari yang paling dekat dengan dirinya?. Bukankah seorang nabi dan rosul itu mempunyai sifat sidiq, amanah, fathonah, dan tabligh? Hmmm kalau yang ini, bukan maksud untuk menuduh berbohong ataupun mencari pupularitas, tapi silahkan para pembaca mengambil kesimpulan sendiri.... Dan tentu saja pengakuannya sebagai seorang nabi atau rosul HARUS DI TOLAK. Ya Allah, lindungilah hati kami dari gemerlapnya dunia yang fana ini. Ya Rahman, kuatkanlah hati dan pijakan langkah kaki ini untuk tetap merindukan kampung akherat agar kami bisa melihatMU dan berkumpul dengan para kekasihMU amin


/@cwi

selengkapnya...

Seni Budaya SEJARAH MAJALENGKA


Di abad XVI, di daerah Majalengka ada tiga kerajaan Hindu. Yakni Cakraningrat di kerajaan Rajagaluh, Pucuk Umum di Talaga, dan Nyi Rambut kasih ratu Sindang kasih. Nyi Rambut Kasih tidak saja hanya cantik, tetapi juga terkenal akan kesaktiannya. Ratu yang besar wibawanya, serta jadi panutan di masyarakatnya. Sebagian dari daerah Sindangkasih, maasih berupa hutan belantara. Diantara tumbuh- tumbuhan ada yang disebut "pohon maja", yang khasiatnya untuk menyembuhkan penyakit demam.
Tidak jauh dari Sindangkasih, di daerah Cirebon ada pemerintahan yang dipimpin oleh salah satu ulama yang tersohor, yaitu Syekh Syarif Hidayatullah. Pada zaman dahulu, di Cirebon banyak yang terserang penyakit demam. Sampai ada yang tidak dapat sembuh kembali. Syarif Hidayatullah mengutus Pangeran Muhamaddan Siti Armilah untuk mencari buah maja, agar orang-orang Cirebon yang terserang penykit demam dapat sembuh kembali. Dan terus saja mereka pergi. Tetapi, selain mencari buah maja, Pangeran Muhamad dan Siti Armilah mempunyai tujuan lain, yaitu untuk menyebarkan agama islam. Sebab utusan dari Cirebon datang ke Sindangkasih tidak minta izin dahilu, Nyi Rambut Kasih sangat marah, karena daerah kekuasaannya di singgahi oleh orang lain. Nyi Rambut Kasih menunjukan kesaktiannya. Hutan belantara yang tadinya penuh dengan pohon maja, langsung lenyap tanpa bekas. Kedua utusan itu tidak bisa menemukan apa yang dicarinya, sebab pohon maja yang tadinya banyak langsung tidak ada satupun. "Majane langka, majane langka", kata kedua utusan itu yang bahasa Cirebonnya, tidak ada pohon maja. Langsung saja berubah menjadi "Majalengka" dan seterusnya sampai menjadi Majalengka. Karena yang dicari-cari itu tidak ditemukan, Pangeran Muhamad dan Siti Armilah tidak langsung pulang ke Cirebon, bisa saja dilain waktu nanti dapat menemukan pohon maja. Jadi kedua utusan itu tidak berhenti- berhetinya mencari pohon maja sekalian untuk menyebarkan agama islamke masyarakat. Syukur-syukur Nyi Rambut Kasih masuk islam. Setelah menyebarkan agama islam ke sebagian tempat,, Pangeran Muhamad terus bertafakur di Gunung Margatapa. Dan Siiti Armilah ikhtiar kepada yang maha kuasa agar Nyi Rambut Kasih bisa dapat masuk islam, tetapi tidak ada hasilnya. Nyi Rambut Kasih tetap memegang teguh agamanya, sampai menjelang akhir hayatnya. Sesudah Nyi Rambut Kasih meninggal dunia, kerajaan Sindangkasih ada dikekuasaan Cirebon, serta seterusnya diberi nama Majalengka. Pangeran Muhamad akhirnya meninggal dunia dan dimakamkan di Margatapa. Dan Siti Armilah dimakamkandi belakang pendopo Kabupaten Majalengka, yang sekarang ini disebut makam "Ki Gedeng Badori".


/@cwi

selengkapnya...

Jawaban NASA Soal Kiamat 2012


Isu 2012 kiamat seperti mengulang isu yang sama pada tahun 2000 atau Y2 K. Tak terbukti.Isu kiamat akan terjadi pada tahun 2012 menguak seiring munculnya film besutan Hollywood berjudul '2012 ' yang mulai hari ini, Jumat 13 November 2009 , dilempar ke bioskop- bioskop.
Film tersebut dilatarbelakangi dugaan bahwa pada 21 Desember 2012 , sesuai batas akhir penanggalan Bangsa Maya, akan terjadi kiamat. Lembaga antariksa Amerika Serikat ( NASA) pun angkat  bicara menanggapi isu menggemparkan soal kiamat. Menurut NASA, isu 2012 kiamat seperti mengulang isu yang sama pada tahun 2000 atau Y2 K. Sama halnya dengan ramalan tak terbukti di tahun 2000 , tak akan ada yang terjadi pada 2012. Berikut jawaban ilmuwan NASA terhadap pertanyaan-pertanyaan seputar fenomena 2012 : T: Adakah ancaman terhadap bumi di tahun 2012 ? Banyak informasi di internet mengatakan kiamat akan terjadi pada Desember 2012 ? J: Tidak akan ada hal buruk yang terjadi pada Bumi pada 2012. Planet Bumi sudah bertahan selama 4 miliar tahun. Para ilmuwan terpercaya mengetahui bahwa tak ada ancaman untuk bumi yang terkait '2012 ' T: Bagaimana asal-usul ramalan kiamat akan terjadi pada 2012 ? J: Isu kiamat berawal dari perkiraan ada sebuah planet bernama Nibiru, temuan Bangsa Sumeria, yang posisinya berhadap-hadapan dengan bumi. Bencana dahsyat sebenarnya diramalkan terjadi pada 2003 , namun tak ada apa- apa yang terjadi sesuai ramalan. Lalu, saat bencana dahsyat menurut ramalan bergeser ke Desember 2012. Dua ramalan itu terkait dengan satu putaran kalender milik Bangsa Maya dan adanya badai matahari ( winter soltice ) di tahun 2012. Dua hal itu  yang melatarbelakangi adanya isu kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012. T: Apakah kalender milik Bangsa Maya berakhir pada 2012 ? J: Yah , sama halnya dengan kalender yang Anda pasang di dapur, waktu kan tak akan berhenti sampai tanggal 31 Desember. Kalender Maya, sama, tidak berarti waktu berhenti pada 21 Desember 2012. Memang, tanggal itu adalah akhir dari periode panjang kalender Maya. Tapi seperti halnya kalender Masehi yang dimulai tiap 1 Januari. Periode kalender Maya juga akan dimulai lagi. T: Benarkah ada planet bernama Nibiru atau Planet X atau Planet Eris yang kemudian akan mendekat ke bumi dan mengakibatkan kehancuran? J: Nibiru atau cerita lain soal planet liar adalah cerita bohong ( hoax ). Tidak ada dasar ilmiah dan faktual yang jadi dasar klaim tersebut. Jika Nibiru atau planet X itu nyata dan berhadap-hadapan dengan bumi pada 2012 , para astronom seharusnya bisa melacak itu sejak lama. Planet itu seharusnya juga bisa kita lihat sekarang dengan mata telanjang. Kenyataannya, tidak. Planet Eris memang nyata, tapi itu adalah planet kerdil, sekecil Pluto yang masih berada di luar sistem tata surya kita. Perkiraan jarak terdekat planet itu dengan bumi adalah 4 miliar mil.  

/@cwi

selengkapnya...

Gabung bersama kami

About Me

admin jg menerima pelayanan jasa

admin jg menerima pelayanan jasa
Jasa arsitek rumah; desain arsitek / desain rumah, gambar denah rumah, bangun rumah baru, renovasi rumah dan pembangunan mesjid, mushola, ruko, disaign taman, dll. klik gambar utk kontak personal.

Syiar Islam On Twitter

Site info

Kalkulator Zakat Fitrah

  © Syiar islam Intisari Muslim by Dede Suhaya (@putra_f4jar) 2015

Back to TOP  

Share |