Keutamaan Shubuh


syiar islam

Shalat subuh adalah mpk satu di antara shalat wajib lima waktu yg mempunyai kekhusuan dari shalat lainnya dan mempunyai keutamaan yg luar biasa...
Pada saat inilah perantian malam dan siang dimulai. Pada saat ini pula malaikat malam dan siang berganti tugas (HR Al-Bukhori).
Karenanya, beruntunglah mrk yg dapat melaksanakan subuh pada awal waktu sebab disaksikan oleh malaikat, baik malaikat yg bertugas jaga dimalam hari, ataupun siang. Allah berfirman "Dan dirikanlah shalat subuh. Sesungguhnya shalat shubuh itu disaksikan (oleh para malaikat)." (Qs Al Isra': 78)
selain itu, shalat subuh jg bisa jadi penerang pada hari ketika semua oranga berada dalam kekalutan (kiamat). Seperti yg disabdakan oleh Rosulullah SAW, "Berilah kabar gembira bagi orang orang yg berjalan di kegelapan menuju mesjid (utk mengerjakan shalat subuh) dg cahaya yg terang benderang (pertolongan) pada hari kiamat." (HR Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).
Tak hanya itu, Allah pun telah menyiapkan pahala yg luar biasa bagi mereka yg membiasakan shalat subuh yg tepat pada waktunya. Yaitu mendapat pahala sebanding dg melakukan shalat semalam suntuk. Sebagaimana yg disebutkan dalam sebuah hadist, "Barangsiapa yg shalat shubuh berjemaah, maka seakan akan ia telah melaksanakan shalat semalam suntuk. (HR Bukhori).
Diantara hikmah dan alasananya adalah karena shalat subuh mpk shalat wajib yg paling 'sulit diketrjakan pada awal waktu. Banyak diantara kita yg memilih tidur diatas kasur empuk dan selimut yg hangat. Padahal seruan Alkah (adzan) pada waktu shubuh telah memberitahukan kita bahwa shala itu lebih baik daripada tidur.
Secara ilmiah, benar adanya bhw bangun pagi dan melakukan shalat lebih baik daripada terus tidur. Berdasarkan penelitian yg dilakukan oleh 'Louis J Ignarro dan 'Ferid Murad, pembuluh darah manusia akan mengembang pada tengah malam terakhir sampai menjelang siang. Kemudian secara berangsur angsur sekumpulan sel darah akan menggumpal pada dinding pembuluh, sehingga terjadi penyempitan. Inilah yg mengakibatkan darah tinggi.
Menurut perain Nobel dibidang Fisiologi dan kedokteran tahun 1998, ada cara ilmiah yg bisa dilakukan oleh setiap orang, yaitu menggerakan tubuh sejak pagi buta. Karena, penelitian mrk menunjukan bhw dg menggerak gerakkan tubuh, gumpalan sel tadi akan melebur berrama aliran darah yg terpompa dg kencang pada waktu bergerak gerak./@bhu

pengunjung membaca ini juga:



0 komentar:

Posting Komentar


Gabung bersama kami

About Me

admin jg menerima pelayanan jasa

admin jg menerima pelayanan jasa
Jasa arsitek rumah; desain arsitek / desain rumah, gambar denah rumah, bangun rumah baru, renovasi rumah dan pembangunan mesjid, mushola, ruko, disaign taman, dll. klik gambar utk kontak personal.

Syiar Islam On Twitter

Site info

Kalkulator Zakat Fitrah

  © Syiar islam Intisari Muslim by Dede Suhaya (@putra_f4jar) 2015

Back to TOP  

Share |