Tragedi kemanusiaan Bosnia

Latar belakang


Peristiwa di Srebrenica menandai klimaks dari perang di Bosnia-Herzegovina, yang medan tempur yang paling kejam dan genosida dalam konflik Balkan. Konflik di Bosnia-Herzegovina mulai tahun 1992 dan menampilkan kekejaman genosida dan gendercidal largescale dari yang pertama. Ini ditangani dengan studi kasus Bosnia terpisah. Salah satu pembantaian terbesar bagian awal perang berlangsung di gimnasium di desa Bratunac pada April 1992, ketika diperkirakan 350 pria Muslim Bosnia disiksa sampai mati dan dibantai oleh paramiliter Serbia dan polisi khusus. Bratunac terletak tepat di luar Srebrenica, dan sekali lagi akan berfungsi sebagai tanah membunuh ketika kota itu jatuh ke tangan pasukan Serbia Bosnia pada bulan Juli 1995.

headline Srebrenica (Foto, 9k) Meskipun Serbia menyita Bratunac, mereka tidak dapat mengambil Srebrenica itu sendiri. Kota ini dipertahankan oleh Naser Oric, seorang tokoh Rambo-seperti yang pasukannya (dan terkait regu torbari sipil, atau orang tas "") yang dijatuhkan sejumlah kekejaman yang lebih kecil di desa-desa Serbia di sekitar kantong Srebrenica. Akhirnya, pada bulan April 1993, pasukan Serbia ditutup pada akhir untuk menghancurkan kota dan pasukan Oric's. Jenderal Serbia Ratko Mladic jelas-jelas bahwa dia memegang dendam khusus terhadap kaum laki-laki dari Srebrenica, bersenjata atau tidak bersenjata. Dalam adegan-adegan yang mencekam perhatian dunia, ratusan perempuan dan anak-anak diungsikan dari Srebrenica sebelum mengencangkan tali Serbia dan mematikan semua aliran pengungsi. Nasib kota mendorong masyarakat internasional untuk menyatakan Srebrenica salah satu dari lima "wilayah yang aman" di Bosnia (yang lain Zepa, Gorazde, Tuzla, Sarajevo, dan Bihac di Bosnia barat laut). Arti istilah area ambigu "aman" tidak pernah didefinisikan dengan baik, dan kekuatan yang memadai tidak pernah berkomitmen untuk memastikan keselamatan penduduk Bosnia. Seperti kejadian di Srebrenica dua tahun kemudian begitu muram menunjukkan, "kondisi wilayah yang aman adalah di antara tempat-tempat yang paling sangat tidak aman di dunia" (Silber dan Little, Kematian Yugoslavia, hal 274.)



Srebrenica headlines.In Juni 1995, pasukan Serbia Bosnia, mendorong resolusi ke anomali "etnis" dari daerah kantong Muslim, ditutup jerat mereka di sekitar Srebrenica dan "daerah lain aman." Di Srebrenica, kepanikan massa memegang penduduk sipil. Perempuan dan anak-anak berkumpul di dasar Potocari PBB, bersama dengan sekitar 1.700 orang, sementara sebagian besar usia "-pertempuran" laki-laki - kebanyakan bersenjata non-kombatan - turun ke bukit dalam sebuah upaya putus asa untuk melarikan diri ke Muslim-diadakan wilayah ke barat. Pada Potocari, pasukan Belanda tanpa perlawanan Serbia memungkinkan akses ke kamp dan pengungsi yang mereka pegang. Kemudian, pada hari berikutnya - Juli 11 - 1700 beberapa orang, tidak proporsional orang tua dan lemah, dipisahkan dari perempuan dan anak-anak. Para penjaga perdamaian "berdiri inci dari tentara Serbia yang memisahkan laki-laki Muslim, satu per satu, dari keluarga mereka" (Sudetic, Darah dan Pembalasan, hal 306). Pada perintah Serbia, Belanda menyusun registri dari 242 orang Bosnia yang tersisa di kamp itu, sekali lagi sebagian besar lanjut usia dan lemah. Lalu mereka menyerahkan orang ke Serbia. Tak satu pun dari 242 orang diketahui telah selamat. Anak-anak dan perempuan bused, dengan pengecualian terisolasi, untuk keselamatan di Tuzla. Pria, hampir tanpa kecuali, telah dibawa pergi ke kematian mereka. (Catatan: Sumber-sumber lain menyebutkan 239 sebagai jumlah orang yang namanya tercantum pada daftar; untuk account dari total 242 bagaimana akhirnya tiba di, lihat surat dari Hasan Nuhanovic diposting ke situs web Perempuan Srebrenica. Surat tersebut juga memberikan harrowingly rinci rekening pemisahan laki-laki dan anak laki-laki dari sisa penduduk di markas PBB, dan keterlibatan Belanda terang-terangan dalam proses Berkat Kate Myers untuk membawa sumber ini untuk perhatian kita..)

Banyak dari orang-orang itu tewas dalam gimnasium sekolah di Bratunac yang sudah menjabat sebagai situs gendercidal pembantaian dalam perang Bosnia. Banyak ratusan lebih dibantai di sebuah lapangan sepakbola dekat Nova Kasaba, tanah membunuh terburuk pembantaian lima hari. Human Rights Watch mencatat kesaksian seorang saksi mata pembantaian di Nova gendercidal Kasaba. Serbia, katanya,

Muslim yang memilih mereka baik tahu tentang atau tahu, menginterogasi mereka dan membuat mereka menggali lubang. ... Pada hari pertama kami, Cetniks [Serbia] menewaskan sekitar 500 orang [orang]. Mereka hanya akan garis mereka dan menembak mereka ke dalam lubang. Yang kurang lebih seratus orang yang mereka diinterogasi dan yang telah menggali kuburan massa kemudian harus mengisi mereka masuk Pada akhir hari, mereka diperintahkan untuk menggali lubang untuk diri mereka sendiri dan berbaris di depannya. ... T [] hei ditembak ke dalam kuburan massal. ... Di waktu fajar, ... [Sebuah buldoser] tiba dan menggali lubang ..., dan dikubur sekitar 400 orang hidup. Orang-orang itu dikelilingi oleh Cetniks: siapa pun yang mencoba melarikan diri ditembak "(Dikutip dalam Markus Danner.," The Killing Fields Bosnia ", New York Review of Books, 24 September 1998.)

Sejumlah besar orang yang telah berusaha melarikan diri melalui bukit-bukit untuk Tuzla adalah dikutuk juga. Komandan Serbia Bosnia, Jenderal Radivoj Krstic, dalam transmisi radio dicegat oleh penyadap Barat, mengatakan kepada pasukannya: "Anda harus membunuh semua orang Kita tidak butuh orang hidup.." (Mark Danner, "Bosnia: The Great Pengkhianatan", New York Review of Books, 26 Maret 1998.) Serbia pasukan mengambil kesenangan khusus dalam mengisolasi pohon di mana orang-orang itu berusaha bersembunyi, dan riddling mereka dengan pecahan peluru dari senjata anti-pesawat.

Peta perjalanan pembantaian Srebrenica.

Terjebak di perbukitan dibom Serbia, tidur dan haus-gila, pria menyerah pada halusinasi, paranoia, dan putus asa. "The jiwa laki-laki pecah. Muslim mengira Muslim lainnya untuk penyusup Mereka melemparkan granat tangan dan. Menembak otomatis mereka satu sama lain. ... Pria menembak dirinya berharap Serbia akan menunjukkan belas kasihan terluka" (Sudetic, Darah dan Pembalasan, p 301).. Banyak bunuh diri. Ribuan akhirnya menyerah kepada pasukan Serbia di sepanjang "Cincin Besi," yang memikat mereka dengan melihat kendaraan PBB ditangkap dan janji-janji dari bagian yang aman. Semua yang tertangkap dibawa ke ladang di dekatnya dan gudang, dieksekusi, dan dimakamkan di kuburan massal.

Meringkas bencana pada tahun 1997, David Rohde - yang sebagai wartawan dengan Christian Science Monitor memenangkan Hadiah Pulitzer untuk mengungkap kuburan massal pertama di Srebrenica - menawarkan kritik pedas dari selang moral pada bagian area "aman itu" wali dugaan: "Masyarakat internasional sebagian dilucuti ribuan orang, mereka berjanji mereka akan dijaga dan kemudian dikirim ke musuh bebuyutan mereka. Srebrenica bukanlah sekadar kasus oleh masyarakat internasional berdiri sebagai kekejaman yang jauh itu dilakukan. The tindakan masyarakat internasional didorong, dibantu, dan berani para algojo. ... Kejatuhan Srebrenica tidak perlu terjadi Ada tidak perlu untuk ribuan tengkorak yang akan berserakan di Bosnia timur.. Tidak perlu untuk ribuan Muslim anak-anak akan dibangkitkan pada cerita-cerita nenek moyang mereka, kakek, paman dan saudara-saudara dibantai oleh Serbia. " (Rohde, Endgame, hal 351,. 353.)

Berapa banyak yang mati?

Palang Merah daftar 7.079 meninggal dan hilang di Srebrenica. perkiraan lain berkisar setinggi 8.000 atau 10.000. David Rohde mencatat bahwa pembantaian itu "menyumbang persentase yang menakjubkan dari jumlah yang hilang" dari konflik Balkan brutal secara keseluruhan. "Dari 18.406 Muslim, Serbia dan Kroasia dilaporkan masih hilang ... pada Januari 1997, 7.079 orang [] orang-orang yang menghilang setelah jatuhnya Srebrenica. Dengan kata lain, sekitar 38 persen dari perang yang hilang dari Srebrenica." Menurut standar apa pun, itu adalah salah satu tindakan terburuk dan paling terkonsentrasi gendercide di era pasca Perang Dunia II - dan pembantaian terburuk apapun di Eropa selama lima puluh tahun.

Siapa yang bertanggung jawab?

Chuck Sudetic menulis tentang pembantaian Srebrenica bahwa "orang-orang yang melakukan eksekusi dilaporkan di bawah perintah yang diturunkan oleh Jenderal [Ratko] Mladic dan Radislav Krstic, seorang kolonel di tentara Bosnia yang dipromosikan untuk umum dan bernama panglima tentara Drina korps oleh Mladic dalam beberapa hari pembunuhan. Di antara unit yang mengambil bagian dalam pembunuhan adalah Komando Kesepuluh skuad, yang jawab langsung ke kantor pusat Mladic's ... Pria dari Srebrenica, Bratunac, Kravica, milii, Visegrád, Bajina Basta, Loznica, Zvornik, dan kota-kota lain juga berpartisipasi. " (Sudetic, Darah dan Pembalasan, hlm 317-18..)

Ratko Mladic dan Radovan Karadzic.In 1996, Pengadilan Kriminal Internasional dan Krstic Mladic didakwa atas kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan di Srebrenica. Bergabung dengan mereka pada daftar penjahat perang didakwa-adalah Radovan Karadzic, pemimpin "gadungan" Republika Srpska atau wilayah yang dikuasai Serbia di Bosnia. Karadzic sangat erat terlibat dalam perencanaan Endgame "" dalam perang Bosnia, yang Srebrenica adalah untuk melayani sebagai bermata. Pada bulan Juli 1999, Majelis menemukan bahwa para pembunuh massal telah beroperasi di bawah "rantai komando militer langsung" dari Beograd dan Presiden Serbia, Slobodan Milosevic. Untuk pertama kalinya, Majelis perang Bosnia didefinisikan sebagai "sebuah konflik internasional," mengakui kemerdekaan Bosnia baik dan agresi Serbia. Sampai sekarang, Namun, Milosevic tetap unindicted untuk kekejaman dia diarahkan di Bosnia.

PBB harus bahu bagian besar tanggung jawab karena membiarkan pembantaian itu berlangsung di bawah hidung pasukannya. Pada bulan November 1999, PBB mengeluarkan laporan yang sangat kritis pada diri sendiri kinerja, yang menyatakan bahwa "Melalui kesalahan, salah pikiran dan ketidakmampuan untuk mengenali ruang lingkup kejahatan yang kita hadapi, kita gagal untuk melakukan bagian kita untuk menyelamatkan bangsa dari Srebrenica dari Serbia kampanye pembunuhan massal. " (Lihat Crossette Barbara, "PBB Rincian Kegagalannya untuk Stop Pembantaian Bosnia '95", The New York Times, 16 November 1999.)

Dan kesalahan pasti meluas ke negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa - mungkin khususnya kepada anggota yang paling kuat, Amerika Serikat. Sebagai majalah Economist mencatat,

The [versi menerima peristiwa] ... adalah bahwa Bill Clinton dan Al Gore berjanji untuk "bom Serbia" dan mengakhiri perang ketika mereka terkejut mengetahui bahwa ribuan Muslim telah dibantai di Srebrenica. Tapi, pembaca tidak bisa membantu meminta, berita ini pembantaian yang akan datang - yang terburuk di Eropa sejak tahun 1945 - benar-benar tidak tersedia untuk dua tokoh Amerika yang paling kuat terlebih dahulu?

Pada tahap awal perang Bosnia, ketika Muslim benteng seperti Gorazde atau Bihac sudah di ambang jatuh, Amerika telah bekerja (tanpa janji pasukan darat) untuk menggalang sekutu-sekutunya - bersikeras bahwa pertempuran-rencana disusun, dan ancaman pengeboman dikeluarkan, sehingga memperingatkan dari Serbia. Namun pada hari-hari terakhir dan jam dari uang muka pada Srebrenica, yang intelijen Amerika bisa memantau secara ketat, Washington jatuh anehnya diam. Srebrenica jatuh sebagaimana mestinya, dengan konsekuensi yang tak terkatakan dalam istilah manusia, tetapi tidak nyaman diplomatis.

Mungkin ini konspirasi untuk menganggap bahwa reaksi lambat Amerika untuk Srebrenica tercermin perhitungan bukan kelalaian. Tapi pertanyaan kebutuhan meminta ... (Out "Di dalam," The Economist, 8 September, 2001).

setelah itu

Perempuan dari Srebrenica. investigasi ekstensif forensik dari situs pembantaian Srebrenica sejauh ini telah muncul sekitar 3.000 mayat. Hanya beberapa telah berhasil diidentifikasi. Mereka yang diadakan pada peringatan gabungan dan kamar mayat di Tuzla (lihat foto di bagian atas halaman ini). Para tim forensik yang bekerja di Srebrenica dan situs Vukovar berkumpul pengalaman penting dalam penggalian kuburan mereka, dan mampu menggunakan ketrampilan mereka baru dalam gendercide Kosovo empat tahun kemudian. (Lihat Stover dan Peress, The Graves: Srebrenica dan Vukovar.)

Memori Srebrenica orang itu tetap hidup oleh kaum wanita mereka. Mereka menyerbu kantor Palang Merah di Tuzla pada awal 1996 untuk memprotes penyelidikan terhenti ke nasib orang hilang mereka, dan melakukannya lagi pada ulang tahun keempat dari pembantaian pada tahun 1999. Terorganisir sebagai "Perempuan Srebrenica," mereka telah baru-baru ini meluncurkan situs mereka sendiri (www.srebrenica.org). Daftar kelompok menuntut primer berbunyi sebagai berikut:

* Fakta penuh Srebrenica harus diungkapkan dan dipublikasikan.
* Semua kuburan harus digali dan mayat diidentifikasi tanpa penundaan.
* Setiap korban Srebrenica ditahan di Republika [Srpska Bosnia wilayah Serbia] atau Republik Federal Yugoslavia harus segera dilepaskan.
* Orang-orang dari Srebrenica harus diaktifkan untuk kembali ke rumah mereka.
* Harus ada penyelidikan internasional penuh & terbuka ke dalam kegagalan PBB untuk melindungi Area Aman Srebrenica.
* Semua didakwa dan diduga penjahat perang, termasuk Radovan Karadzic, Ratko Mladic dan Slobodan Milosevic, dan semua orang terlibat dengan genosida, harus ditangkap dan dibawa ke pengadilan.


quote1.jpgIn Spring 2000, Jenderal Radislav Krstic, "Bosnia Serbia peringkat tertinggi komandan sebelum pengadilan Kejahatan Perang PBB di Den Haag," berdiri sidang untuk kekejaman genosida di Srebrenica. (Lihat "penjaga Memberitahukan dari Serbia Pembantaian", The Sydney Morning Herald, 8 April, 2000) Pada bulan Agustus 2001., Krstic dinyatakan bersalah dan dihukum 46 tahun penjara.

Pada bulan Maret 2003, 600 korban pertama diidentifikasi pembantaian Srebrenica itu kembali ke kota dan dikuburkan dalam sebuah upacara yang kuat /@cwi

pengunjung membaca ini juga:



0 komentar:

Posting Komentar


Gabung bersama kami

About Me

admin jg menerima pelayanan jasa

admin jg menerima pelayanan jasa
Jasa arsitek rumah; desain arsitek / desain rumah, gambar denah rumah, bangun rumah baru, renovasi rumah dan pembangunan mesjid, mushola, ruko, disaign taman, dll. klik gambar utk kontak personal.

Syiar Islam On Twitter

Site info

Kalkulator Zakat Fitrah

  © Syiar islam Intisari Muslim by Dede Suhaya (@putra_f4jar) 2015

Back to TOP  

Share |