Mitos dari Fundamentalisme Islam di Bosnia


Beberapa ahli teroris berpendapat bahwa ada ancaman Islam meningkat di Bosnia dan bahwa itu adalah fundamentalisme Islam yang menyebabkan perang di Bosnia. Apakah ada kebenaran pernyataan tersebut atau mereka hanya mitos diciptakan oleh nasionalis Serbia dan revisionis meninggalkan tertentu di Barat?

Noel Malcolm, pemerintah terutama tentang sejarah Bosnia dan Herzegovina, telah menulis buku berjudul Sejarah Singkat Bosnia. Dalam pendapat penulis ini, buku Noel Malcolm menawarkan tanpa ragu salah satu account yang seimbang dan komprehensif sebagian besar sejarah daerah ini. Sangat didokumentasikan dengan baik dan cemerlang diteliti, Bosnia sejarah Pendek menjelaskan akar penyebab perang di Bosnia dan mudah menghalau beberapa mitos yang berlaku tentang kebencian etnis kuno di Bosnia sering diajukan oleh banyak komentator Barat. Malcolm menunjukkan dalam bukunya bahwa Muslim Bosnia merupakan salah satu komunitas Islam yang paling sekuler di dunia. pendapat ini didukung oleh fakta bahwa ada sekitar 30% perkawinan campuran di Bosnia sebelum perang dimulai pada tahun 1992. Menurut Malcolm, agama selalu memiliki peran lebih penting bagi kaum Muslim Bosnia dan dianggap oleh mayoritas Muslim Bosnia masalah pribadi. Seperti Malcolm cerdik mengamati: "bagi Muslim pedesaan dan sebagian besar yang perkotaan, menjadi seorang Muslim dikurangi menjadi satu set tradisi budaya: muslim nama, sunat, baklava, dan perayaan Ramadhan Bajram ..." (hal 222) . Tanpa ragu-ragu, Malcolm sangat menolak gagasan bahwa ada ancaman Islam di Bosnia: "berbicara tentang ancaman fundamentalis di Bosnia adalah dalam hal apapun terutama tidak pantas, karena umat Islam Bosnia yang sekarang diantara populasi muslim yang paling sekuler di dunia" (p.221). Meskipun demikian, banyak ahli Barat sering menolak untuk membuat perbedaan antara Muslim Bosnia dan Muslim di dunia Arab (tidak ada yang salah dengan yang terakhir, penulis saat ini hanya berusaha untuk menunjukkan perbedaan nyata antara kedua) , seolah-olah semua Muslim yang homogen. Pemeriksaan lebih dekat menunjukkan bahwa Muslim Bosnia memiliki banyak kesamaan dengan Muslim Arab: mereka tidak berbicara bahasa yang sama, mereka tidak memiliki sejarah yang sama, tradisi dan adat istiadat.
Guru Besar Agama di Haverford College, Michael Sells, berpendapat bahwa persepsi ini sederhana dan sempit Islam yang diblokir intervensi militer di Bosnia:

"penolakan pemerintah Eropa untuk membela baik Bosnia terhadap genosida atau mengizinkan mereka untuk memperoleh senjata untuk membela diri telah sebagian didasarkan pada stereotip tentang Islam "(hal. 122). Menguraikan, Mr Menjual berpendapat bahwa: "pusat dengan stereotipe orientalis adalah kebingungan dalam presentasi Islam antara ketaatan agama dan militansi agama. Sementara beberapa berpendapat bahwa sayap militan Tentara Republik Irlandia mewakili semua umat Katolik yang taat, asosiasi Muslim taat dengan militansi agama tersebar luas "(p.122-123). Jadi keengganan, menulis Menjual, untuk membantu Muslim Bosnia hanya lebih meningkatkan kesenjangan antara Kristen dan dunia Muslim (hal. 124). Sementara Muslim di Srebrenica sedang brutal dibantai oleh pasukan Serbia Bosnia Barat tidak melakukan apa pun untuk mencegah atau untuk menghentikan pembantaian mengerikan di mana 8.000 pria Muslim tewas. Sebagai Zeyno Baran, Direktur Program Keamanan Internasional di Pusat Nixon, benar menunjukkan: "perang di Bosnia, khususnya embargo senjata yang dikenakan pada penduduk Muslim sementara Serbia membantai mereka, menjadi titik balik utama bagi Muslim global kesadaran. Bahkan Muslim sekuler, non-politik marah tentang apa yang mereka anggap sebagai ketidakpedulian Barat terhadap pembunuhan massa-mereka seagama "(The Baltimore Sun, Jul 25, 2005). Juga fakta bahwa dua individu yang paling bertanggung jawab atas pembantaian di Srebrenica Radovan Karadzic dan Ratko Mladic yang masih buron serius merongrong dan mengancam hubungan antara Kristen dan dunia Muslim. Banyak Muslim mungkin bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang tak terelakkan: adalah Barat benar-benar menempatkan upaya jujur ke apprehending dan membawa ke pengadilan Karadzic dan Mladic? Ini adalah pertanyaan sah patut dipertimbangkan cukup.
Sekarang, sambil menjaga pikiran ini, mempertimbangkan sebuah buku berjudul Al-Qaida Jihad di Eropa: Jaringan Afghanistan-Bosnia oleh Evan F. Kohlmann. Dalam buku ini, Mr Kohlmann menunjukkan bahwa Muslim Bosnia yang berkolaborasi dengan Muslim Afganistan dalam usaha bersama untuk melepaskan teror belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia Kristen. Untuk mendukung tesisnya, Kohlmann tepat menunjukkan bahwa jumlah signifikan Mujahidins tiba di Bosnia pada tahun 1992 untuk membantu Muslim Bosnia. Apa Mr Kohlmann Namun tidak disebutkan adalah bahwa Muslim Bosnia adalah buruk bersenjata bila dibandingkan dengan agresor Serbia sangat kuat. Serbia Bosnia bersenjata lengkap; mereka memiliki persenjataan canggih (tank, pesawat jet militer dll) dan juga mereka menerima dukungan diplomatik dan militer penuh dari Serbia tetangga. Belum lagi kenyataan banyak unit paramiliter Serbia (Vojislav Seselj's Chetniks, Mirko Jović's White Eagles dan pasukan Arkan's) juga terlibat dalam pembersihan etnis Muslim Bosnia. Menurut Mr Menjual: "keuntungan tentara Serbia di senjata berat selama Bosnia diperkirakan di mana saja 20-1 untuk 100-1" (p.116-117). Noel Malcolm menulis bahwa: "walaupun PBB sendiri diakui Bosnia dan mengakui itu sebagai anggota-negara yang berbeda dan terpisah dari Yugoslavia pada tanggal 22 Mei 1992, itu terus menerapkan embargo seolah-olah tidak ada yang berubah. Tentu saja terus menerapkannya ke Serbia juga, tetapi Serbia diadakan sebagian besar tumpukan mantan tentara federal, dan memiliki industri persenjataan besar sendiri "(p.243).
Dalam bukunya, Mr Kohlmann juga gagal lagi fakta bahwa relawan Yunani dan Rusia yang datang ke Bosnia untuk membantu agresor Serbia-Bosnia sudah bersenjata lengkap. Mr Menjual menegaskan bahwa fakta ini hanya memperoleh sedikit perhatian di media Barat. Saya setuju dengan Mr Menjual bahwa tidak ada keraguan bahwa fundamentalisme Islam sering membuat berita utama di media sementara fundamentalisme Kristen jarang jika pernah menerima pertanggungan sama sekali. Selama perang di Bosnia, Ortodoks imam berkali-kali mendorong pembersihan etnis Muslim Bosnia. Menurut Menjual: "dalam sebuah biara Ortodoks dekat Sarajevo, seorang pendeta Serbia memberkati pengikut panglima perang Vojislav Seselj etno-fasis, setelah nama-nama kota yang terkait dengan kekejaman terburuk terhadap Muslim dibacakan dalam kemenangan" (p 80) . Menguraikan, Menjual lebih lanjut menulis: "masjid Trebinje's 500 tahun dan bangunan Turki-gaya elegan dan yang dibakar penduduk Muslim tewas dan dikeluarkan segera setelah perayaan hari raya St Sava, pendiri Gereja Serbia. Mirko Jović, pemimpin regu teror Eagles Putih, menyerukan "Kristen, Ortodoks Serbia tanpa muslim dan tidak kafir" (p.80). Menjual juga menganalisis literatur Serbia menunjukkan pandangan yang stereotip dan prasangka dari Bosnia Muslim, pandangan yang tentu saja tidak memiliki dasar fakta. Misalnya, buku-buku oleh penulis yang sangat populer Serbia Vuk Draskovic dan Petar Petrovic Njegos banyak mengandung unsur propaganda anti-Islam kejam. Bahkan Serbia psikiater telah membuat beberapa pernyataan aneh dan absurd tentang Muslim. Jovan Raskovic, seorang psikiater terkenal Serbia, sampai pada kesimpulan bahwa umat Islam memiliki fiksasi "erotis dubur" dan bahwa mereka yang materialistis dan serakah. Raskovic kesimpulan tentang Kroasia sama-sama membingungkan dan masuk akal, dalam pendapat Raskovic's, Kroasia takut segalanya. Mengenai Serbia, Raskovic dipuji mereka untuk keberanian mereka karena hanya orang-orang Serbia secara efektif telah ditangani dengan kompleks Oedipus. Ini tetap menjadi misteri bagaimana orang seperti s Raskovic bisa dianggap seorang psikiater yang serius dan dihormati. Jika orang-orang Serbia percaya ini omong kosong belaka dan ternyata banyak melakukannya, maka tidak sulit untuk melacak asal Islamofobia yang masih sangat banyak hadir di masyarakat Serbia. Pada kenyataannya, ini adalah bagaimana Anda membenarkan genosida: Anda mulai menyebarkan kebohongan setan dan salah informasi tentang musuh Anda kotor. Kemudian Anda menyewa "ahli" untuk membuktikan ini disebut "kebenaran". Apa orang yang lebih baik untuk memverifikasi ini "kebenaran" dari psikiater dihormati?
Untuk memahami akar penyebab perang di Bosnia sangat penting untuk melihat ke dalam ini propaganda anti-Islam yang sangat canggih dan rumit. Tidak ada keraguan bahwa propaganda ini telah memainkan peran penting jika tidak kritis dalam memungkinkan dan membenarkan genosida Muslim Bosnia. Dalam Cinta Mu Tetangga, Peter Maass menjelaskan bagaimana berbahaya propagandis Serbia melakukan apa saja untuk menggambarkan Muslim Bosnia sebagai fundamentalis Islam yang tujuannya selalu menjadi pembentukan negara Islam di Bosnia. Berikut adalah apa Maass menulis tentang satu film propaganda Serbia: "jika ada Academy Award untuk yang paling kejam, Goriest Film Propaganda, maka Serbia akan menang, tangan ke bawah" (p.88).

Beberapa pengamat Barat telah menegaskan bahwa perang di Bosnia adalah hasil dari etnis kuno berusaha dan ketidakmampuan Muslim dan Kristen hidup berdampingan secara damai. Tentu saja, penjelasan ini adalah keliru mencolok dari fakta-fakta, sebagai buku Noel Malcolm telah begitu jelas ditunjukkan. Para ahli Barat yang sama entah bagaimana selalu cenderung mengabaikan pentingnya perjanjian rahasia antara Milosevic dan Tudjman untuk membagi Bosnia antara mereka. Tak perlu dikatakan, untuk mewujudkan tujuan ini mereka harus baik mengusir atau memusnahkan penduduk Muslim Bosnia. Sebagai Chuck Sudetic menunjukkan dalam bukunya Darah dan pembalasan: "perang di Bosnia harus disajikan sebagai perang saudara, perang etnis, perang agama, gempa terbaru di sepanjang garis patahan yang tidak stabil budaya, sebuah perjuangan umur berusia antara Kristen dan Islam, apa tapi apa itu: merebut tanah yang dikelola dari Beograd dengan bantuan dari Zagreb "(p.128). Itulah apa itu.
/@cwi

pengunjung membaca ini juga:



0 komentar:

Posting Komentar


Gabung bersama kami

About Me

admin jg menerima pelayanan jasa

admin jg menerima pelayanan jasa
Jasa arsitek rumah; desain arsitek / desain rumah, gambar denah rumah, bangun rumah baru, renovasi rumah dan pembangunan mesjid, mushola, ruko, disaign taman, dll. klik gambar utk kontak personal.

Syiar Islam On Twitter

Site info

Kalkulator Zakat Fitrah

  © Syiar islam Intisari Muslim by Dede Suhaya (@putra_f4jar) 2015

Back to TOP  

Share |