Meraih Ramadhan dengan Sempurna


syiar islam

Sobat, dalam kitabnya tentang takwil mimpi yg berjudul 'Tafsir al ahlam al Kabir, Ibnu sirin memberikan arti pada orang-orang yg bermimpi menjalani puasa di bulan yg mulia, Ramadhan. Mimpi berada dibulan Ramadhan memiliki arti berada dalam kehidupan yg baik secara agama, terhapus kesedihannya, sembuh dari penyakit yg di derita, atau terlunasi dari utang piutangnya.

Insya Allah kita tidak sedang berimimpi. Kita sedang benar-benar berada dibulan Ramadhan. Jika dalam bermimpi saja menurut Ibnu Sirin mendapatkan berbagai rupa kemuliaan, apatah lg kita sedang menjalaninya. Kita sedang berada dibulan Ramadhan, bulan yg Allah telah berjanji akan memberikan balasan dg ukuran-Nya sendiri.
Kita sedang dalam bulan suci, yang akan memberikan kpd kita imbalan kepastian, kebaikan, keterangan juga kearifan. Akan terhapus kesedihan, akan sirna keraguan, dan berlimpah imbalan yg akan didapatkan.
Sobat,
mari berusaha dg sangat keras dibulan ini utk melembutkan hati. Tentu Setan akan menghalangi dan tak akan pernah ridho jika kita menjadi 'abid yg sangat dg yg Khalik. Tapi tentu juga kita tidak akan pernah menyerah, karena hidup dan mati seorang abid, hanya utk Allah dan kehidupan yg lebih kekal, kelak.
Dunia adalah duka dan tipu daya. Sedangkan akhirat berisi dg kegembiraan dan suka cita. Jika dunia berhasik menipu kita, maka neraka akan menjadi tempat kembali yg penuh kesengsasaan dan kehancuran. Tapi jika dunia berhasil menjadi ladang tempat bercocok taman, maka surga dan Ridho Allah akan menjadi balasan yg paling sempurna.
Tapi wahai para abid, senantiasalah waspada. Tak letih-letih setan akan menarik dan melesatkan panah-panah kemalasan agar tak sempurna puasa, shalat dan ibadah yg kita lakukan. Setan akan menyisipkan kebanggaan 'riya didalam celah-celah hati. Dan ketika abid sadar dalam perasaan riya, setan kembali menggelar jebakan, agar kita membatalkan ibadah karena merasa cacat semua yg telah dilakukan.
Semoga Allah mengasihi orang-orang yg senantiasa membersihkan diri. Seorang ulama pernah menuliskan "Dunia ibarat seorang gadis, setan adalah sang Ayah dan yg jadi menantu adalah manusia-manusia yg mencintai dunia. Seorang ayah mertua tidak akan henti mengunjungi menantu selama dia menjadi suami dari anak perempuannya. Dan tidak mungkin seorang manusia menikahi perempuan tanpa berhubungan dg sang ayah."
sobat,
Mari menuju taubat, tak ada yg lebih mulia dari seorang abid kecuali selalu meningkatkan kualitas taubatnya. Jangan tunda lg. Bulan suci ini, ibarat air yg akan membersihkan seluruh celah tubuh dari noda yg pernah mengotorinya. Peluklah Ramadhan. Menangislah didalamnya. Termenunglah didalamnya. Dan bergembiralalah karenanya. Muliakan kehadirannya. Karena sungguh setiap detik yg kita rasakan dibulan ini adalah anugerah terindah yg mungkit tidak akan terulang untuk kali yg kedua.
'Tadabburi seluruh isi Alquran. Semoga Allah memberikan petunjuk dan jalan terang. Seorang sahabat nabi pernah bertanya pada Rosulullah SAW. Siapak manusia yg paling baik suaranya membaca Alquran dan paling baik bacaannya? Kemudian Rosulullah memberi keterangan, "Yaitu orang yg jika engkau mendengarkannya, engkau lihat dirinya takut kepada Allah."(HR Muslim)
Rosulullah jg pernah bersabda, kelak dihari akhirat Alquran akan menjelma dan mendatangi manusia. Alquran mendatangi orang yg membacanya, tapi melanggar isinya. Kemudian Alquran menjadi musuhnya. Kepada Allah Alquran berkata "Ya Allah, Engkau telah memberikan aku kepada orang ini, tapi dia adalah seburuk-buruknya orang yg membawaku. Dia mengetahui batasanku, tapi dia menyia-siakan kewajibanku, melakukan kemaksiatan kepadaku dan meninggalkan taat kepadaku." Alquran terus-menerus memberikan hujah kpd Allah SWT. Sampai kemudian manusia yg dimaksudkan dilontarkan kedalam neraka. Naudzubillahi min dzalik.
Sobat,
bulan ini satu huru Alquran bernilai beratus kali kebaikan, bagi abid yg membacanya. Maka bacalah. Basahi bibir dan lisan kita dg kalimat-kalimat indah dari Alquran. Hiasi akhlak kita dg prilaku-prilaku yg dituntun oleh Alquran yg penuh berkah. Dan cerahkan seluruh pemikiran kita, dg nasihat dan peringatan yg diberikan Allah melalui kitab-Nya. "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwa aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yg berdoa apabila dia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mrk beriman. Agar mrk selalu berada dalam kebenaran."(Qs Al Baqoroh: 186). Next...

pengunjung membaca ini juga:



0 komentar:

Posting Komentar


Gabung bersama kami

About Me

admin jg menerima pelayanan jasa

admin jg menerima pelayanan jasa
Jasa arsitek rumah; desain arsitek / desain rumah, gambar denah rumah, bangun rumah baru, renovasi rumah dan pembangunan mesjid, mushola, ruko, disaign taman, dll. klik gambar utk kontak personal.

Syiar Islam On Twitter

Site info

Kalkulator Zakat Fitrah

  © Syiar islam Intisari Muslim by Dede Suhaya (@putra_f4jar) 2015

Back to TOP  

Share |